Speedo adalah kucing penderita Swimmers Syndrome yang membuat kedua kaki belakangnya seperti katak. Kelainan sejak lahir tersebut membuat kucing sulit berdiri dan melangkah tak normal, tapi alih-alih membuat Speedo enggan melangkah, ia justru gemar berlari! Itu sebabnya ia dinamakan Speedo yang berarti kecepatan.

cat
Shelter Cats and Kittens

Kucing berbulu hitam ini saat ditemukan berada dalam daftar euthanasia karena dianggap tak ada yang berkenan mengadopsinya. Untunglah seorang wanita baik hati yang menyebut dirinya Katz, bersikeras untuk memberi Speedo kesempatan hidup. Maka sejak itu Speedo berada dalam asuhan Katz, hingga setahun lamanya. Dan kini Speedo telah memiliki keluarga yang menyayangi sepenuh hati.

cat
Shelter Cats and Kittens

Katz mengungkapkan bahwa Swimmers Syndrome sama sekali tak memengaruhi kesehatan kucing, selain membuat bentuk kaki tak normal. Tidak ada biaya medis yang dibutuhkan untuk memelihara kucing dengan keterbatasan seperti ini, selain pembelian popok, karena mereka kadang sulit menggunakan litter box. Sementara secara fisik, kucing Swimmers Syndrome sehat walafiat dan tak berbeda dengan kucing normal pada umumnya.

cat
Shelter Cats and Kittens

Dalam beberapa kasus, kondisi penderita Swimmers Syndrome dapat membaik dengan melakukan fisioterapi. Sindrom tersebut biasanya baru tampak di usia tiga minggu, dimana kemampuan gerak menurun dan kaki menjadi lemah. Melatih penderita untuk tetap menggunakan kaki mereka sangat disarankan agar kemampuan kaki tidak terlanjur hilang, bahkan mampu membaik.

Menurut Katz, kucing seperti Speedo sangatlah istimewa. Hanya orang-orang istimewa yang mampu menyayanginya. Setahun menjadi orang tua asuhnya merupakan momen tak terlupakan bagi Katz, ia bahagia Speedo telah memiliki keluarga dan ia masih melakukan tugasnya untuk menolong kucing-kucing lain yang tak beruntung agar memiliki kesempatan hidup bahagia seperti Speedo.

cat
Shelter Cats and Kittens