Hypothyroidism adalah kondisi dimana jumlah produksi hormon tiroid tidak memadai, yang sebenarnya sangat langka terjadi pada kucing. Jika pada manusia biasanya kekurangan yodium merupakan penyebab utama hypothyroidism, sementara kucing mengidap kondisi tersebut sejak lahir, seperti yang terjadi pada kucing bernama Dodo.

Photo: Kitten Inn

Dodo menyerupai kucing munchkin yang bertubuh mungil, padahal Dodo mengalami hambatan pertumbuhan akibat jumlah hormon di tubuhnya tidak normal. Hingga kini di usianya yang ke-5, Dodo seperti kucing berumur 12-14 minggu. Meski demikian Dodo memiliki kualitas hidup layaknya kucing normal lain, ia tinggal di rumah perlindungan kucing Kitten Inn, Lower Hutt, New Zealand.

Photo: Alicia Scott | Kitten Inn

Dodo tak sendiri, William adalah kucing lain yang juga mengidap hypothyroidism dan menjadi penghuni baru di sana. Meski William masih berumur 16 minggu, tetapi tubuhnya lebih kecil dibanding kucing seusinya. Kemungkinan pertambahan umur tidak memengaruhi pertumbuhan William, sebagaimana yang terjadi pada Dodo.

Photo: Kitten Inn

Hypothyroidism bukanlah akhir dari kehidupan kucing bila dibantu dengan perawatan medis. Diantaranya dengan mengonsumsi obat guna menyeimbangkan hormon di tubuhnya. Susan McNair dari Kitten Inn mengungkapkan bahwa Dodo dan William tak berbeda dengan kucing normal lainnya, mereka bermain dan menjalani kehidupan sehari-hari tanpa masalah berarti. Bukan alasan bagi pemilik untuk menyerah ketika memiliki kucing dengan kondisi hypothyroidism.

Photo: Kitten Inn