Manusia memang tidak bisa menentukan panjang atau pendeknya umur peliharaan, namun dapat mengusahakan hal-hal terbaik agar peliharaan memiliki kualitas hidup yang baik, insyaallah dengan demikian umurnya akan panjang. Diantaranya dengan memerhatikan hal-hal berikut, agar tidak menjadi kebiasaan.

Image: SomPhoto / via Shutterstock

1Tidak menyesuaikan makanan

Makanan bisa menyehatkan, bisa juga menjadi biang penyakit. Membiarkan anjing mengonsumsi makanan manusia, atau memberi makanan tak sesuai dengan usia atau kebutuhan anjing dapat merusak metabolisme tubuh anjing, hingga organ mereka di kemudian hari.

2Membiarkan anjing gendut

Berdasarkan data Association for Pet Obesity Prevention, 53% anjing peliharaan mengalami obesitas. Menurut Dr Shari Brown, seorang dokter hewan di Chesapeake, Virginia, membiarkan anjing kelebihan berat badan tidak hanya dapat mengurangi masa hidup, tetapi juga kualitas hidupnya.

3Mengabaikan kebersihan mulut dan gigi

Masalah utama 85% anjing peliharaan berumur lebih dari 3 tahun adalah gigi dan mulut akibat pemilik tak merawat kebersihan mereka sejak dini. Dr. Jeff Werber, pemilik Century Veterinary Group di Los Angeles, CA, merekomendasikan pemilik menyikat gigi anjing secara rutin agar tidak mengembangbiakan bakteri sisa makanan yang menimbulkan ancaman kesehatan pada anjing. (baca. “85% anjing di atas 3 tahun menderita penyakit yang sering tak disadari pemiliknya”)

4Tidak rutin melakukan check-up

Guna mencegah kondisi kronis terjadi pada anjing, sebaiknya pemilik rutin memeriksakan peliharaannya ke klinik. Paling tidak setahun sekali. Dr Shari Brown menyatakan masalah kesehatan yang diketahui secara dini lebih memiliki peluang untuk disembuhkan, dan mencegah kemungkinan komplikasi di kemudian hari.

5Tidak rutin mengajak berolah raga

Aktivitas fisik bagi anjing sangatlah penting. Mereka butuh berlari dan bermain, selain memberi kesehatan secara psikis juga menyehatkan tubuh. Dr Kim Smyth, seorang staf dari Petplan menyatakan anjing yang bahagia memiliki potensi hidup lebih lama.

6Terpapar asap rokok

Bagi pemilik yang merokok, jauhkan asap rokok dari anjing karena dapat mengaktifkan sel kanker dalam tubuh anjing. (baca. “Jauhkan kucing dan anjing dari asap rokok”)

7Memberi “toleransi” kutu

Dr. Patrick Mahaney, dari California Pet Acupuncture and Wellness (CPAW) menghimbau agar pemilik anjing selalu “memerangi” kutu. Jangan memberi toleransi satu atau dua kutu terbiarkan di tubuh anjing, karena perkembangbiakan kutu sangat cepat. Termasuk menjaga area bermain anjing terbebas dari serangan kutu. Dari kutu dapat mengakibatkan penyakit mematikan pada anjing.

Hasil gambar untuk dog itching
The Hound Haus

8Memperlakukan anjing dengan sama

Anjing terlahir dari keturunan berbeda yang membuat karakter mereka pun berbeda, sehingga perlakuan terhadap mereka tak bisa disamakan. Bahkan anjing dari satu keturunan pun tak merespon sesuatu hal dengan sama. Maka pemilik sebaiknya mengenal anjing dengan baik agar dapat menyesuaikan perlakuan atau latihan terhadap mereka. Psikis anjing dapat terganggu apabila mereka “dipaksa” belajar akan sesuatu yang sulit dipahaminya.

9Memberi cemilan atau makanan ekstra

Meski tampang anjing memelas untuk mendapatkan cemilan atau tambahan jatah makan, sebaiknya pemilik tegas untuk menolak. Apabila ingin memberikan cemilan pada anjing, hendaknya disesuaikan dengan kegiatan mereka atau pengurangan jatah makan terlebih dahulu, sehingga tak menjadi berlebihan. Produk cemilan biasanya memiliki kalori tinggi yang tak baik bila dikonsumsi anjing terlalu sering.

10Membiarkan anjing di luar tanpa pengawasan

Keadaan lingkungan saat ini berbeda dengan lingkungan nenek moyang anjing, maka pemilik tak bisa begitu saja melepas anjing peliharaan di luar rumah tanpa pengawasan. Anjing bisa saja mengonsumsi sampah yang membahayakan, panik dengan keramaian, belum lagi lalu lintas kendaraan.

11Jarang diajak bergaul

Anjing merupakan hewan yang gemar bersosialisasi. Bertemu sesama anjing atau berteman dengan manusia akan meningkatkan kualitas hidup anjing, selain itu mereka juga akan jauh dari stres dan nyaman berinteraksi dengan lingkungan.

12Tidak melakukan steril

Dr. Patrick Mahaney dan banyak dokter hewan lainnya menekankan pada pemilik untuk melakukan sterilisasi pada anjing demi menghindari beberapa penyakit berbahaya. Steril terbukti dapat meningkatkan kesehatan anjing, terutama anjing betina, karena menjauhkan anjing dari ancaman penyakit. Selain itu, secara psikis anjing akan lebih tenang.

Hasil gambar untuk dog birthday
DogsAholic