Ketika mengajak anjing bermain di luar atau sekedar berjalan-jalan, biasanya pemilik anjing akan menengok ke atas untuk memastikan cuaca cukup mendukung kegiatan atau tidak. Padahal sangat penting bila pemilik pun melihat ke bawah, memegang jalanan guna mempertimbangkan kadar panas jalanan. Apakah aman bagi anjing?

Anjing sangat sensitif terhadap suhu panas, banyak kejadian anjing mengalami “over heating” akibat pemilik kurang waspada dengan hal-hal yang dapat menyakitinya. Panas bukan hanya di atas, namun suhu udara serta jalanan tempat anjing melangkah pun mampu menyerap dan menyimpan panas. Kondisi jalanan dapat dicek oleh pemilik anjing dengan cara menempelkan punggung tangan di jalanan selama 5 detik, apabila tak terasa ‘membakar’ maka jalanan aman bagi anjing untuk berjalan tanpa mencederai telapak kakinya. Metode tersebut disampaikan oleh Moon Valley Canine Training, dalam mengantisipasi cedera pada anjing karena telapak kaki mereka sangat sensitivitas. Salah satu fungsi kuku pun untuk melindungi telapak kaki.

Bila jalan terlampau panas namun anjing tetap ingin bermain, sebaiknya pemilik mengajak mereka berjalan di taman. Dimana kaki anjing akan menginjak rumput yang tidak menyimpan panas matahari seperti jalanan aspal ataupun paving block, sehingga sangat aman bagi anjing bermain sepuasnya. Cedera parah pada telapak kaki anjing bisa berakibat kerusakan saraf. Kasihan kan?