Orang yang pertama kali kaget saat anjing labrador bernama Rio itu melahirkan adalah pemiliknya, Louise Sutherland, serta putrinya, Claire. Mereka berdua membantu proses persalinan anjing berbulu coklat berumur tiga tahun itu. Tak disangka dari 9 anak yang dilahirkan Rio, salah satu diantaranya berwarna hijau! Bukan coklat seperti bulu sang induk, atau warna lain seperti bulu anjing pada umumnya.

Hasil gambar untuk green puppy rio
cnn.com

Keterkejutan yang sama dirasakan banyak orang ketika Louise mengunggah foto Rio yang sedang menyusui 9 anaknya. “Si hijau” dinamai “Forest” yang berarti hutan, tampak menyusu bersama saudaranya yang lain. Sementara wajah Rio berbinar bahagia.

ailymail.co.uk

Fenomena anjing berwarna hijau, meskipun langka terjadi, tetapi Forest bukanlah yang pertama kali. Terdapat dua anjing sebelum Forest yang mengalami kondisi serupa saat dilahirkan. Secara medis bulu anjing bisa berubah menjadi hijau akibat pigmen empedu atau Biliverdin yang berada di plasenta anjing. Zat berwarna hijau itulah yang secara tidak sengaja “mewarnai” bulu bayi anjing saat bercampur dengan cairan amnion sang induk, yakni cairan yang melindungi dan memberi nutrisi pada bayi anjing dalam kandungan.

Three-year-old Rio gave birth last week to a litter of nine puppies - but when one came out mint green Louise Sutherland was speechless
ailymail.co.uk

Selain anjing kasus yang sama juga ditemukan terjadi pada ikan, ngengat, kupu-kupu dan kodok. Untungnya kondisi itu tidaklah membahayakan, dalam waktu beberapa minggu warna tersebut akan memudar dan hilang dengan sendirinya. Tentu, Forest pun nantinya akan memiliki warna bulu yang serupa dengan saudara-saudaranya. Namun kelahiran Forest yang begitu istimewa akan selalu menjadi kenangan tak terlupakan bagi keluarga Sutherland yang tinggal di Golspie, Highlands, Skotlandia.

Hasil gambar untuk green puppy rio
ailymail.co.uk