Kisah kucing Scottish Fold ini bermula saat ia diadopsi dan menjadi bagian dari keluarga yang hangat di California. Ia dinamai Milla, seperti aktris Milla Jovovich. Semua baik-baik saja, Milla sangat manis, periang dan lincah. Sampai suatu hari ia mengalami kesulitan bernapas dan kenyataan menyedihkan harus diterima oleh keluarga Milla, kucing berbulu abu-abu itu hatinya diperbesar serta paru-parunya berisi darah sehingga sulit bernapas. Kemungkinan hidup Milla hanya 3 bulan lagi.

Milla5

Milla mengalami pembesaran jantung yang tak bisa disembuhkan melalui jalan operasi, kondisi tersebut tergolong langka, sekitar 10% dari populasi kucing mengalaminya. Bukan tidak mungkin kondisi serupa terjadi pada kucing peliharaan di rumah, namun Ray Contreras-pemilik Milla, menghimbau agar para pemilik kucing tidak menyerah dengan keadaan. Seperti keluarga Milla yang terus mendukung Milla, meski tak bisa disembuhkan tetapi kucing dapat memperoleh kualitas hidup yang baik. Terbukti Milla sanggup melewati 3 bulan dari vonis yang diberikan padanya, dan keadaan jantungnya mengecil menuju normal.

Milla6

Milla2

Semua itu tak lepas dari dukungan keluarga untuk merawat Milla, diantaranya tak membuatnya terlalu lama bermain yang bisa membuat napasnya tersengal, menghindarkan gelitik pada hidung agar Milla tak bersin, juga obat-obatan yang bisa membantu mengeluarkan cairan dari paru-parunya. Pembiayaan medis Milla memang tidak murah, namun tak membuat pihak keluarga putus asa. Mereka menggalang dana secara online untuk perawatan Milla, diantaranya membuat akun instagram untuk mengunggah kegiatan Milla sehari-hari. Ray Contreras meyakini masih banyak orang baik di luar sana yang berhati mulia dan berkenan membantu dengan tulus.

Milla1

“it’s important to not give up. They need you to be there for them like any other family member” – Ray Contreras