Rod adalah seekor anjing bulldog berumur 7 tahun. Kisahnya diketahui sejak ia menjadi penghuni penampungan Griffin Pond Animal Shelter, Pennsylvania, dalam kondisi mata yang buta akibat infeksi. Bahkan telinganya pun ikut terkena infeksi. Rod bukanlah anjing liar, melainkan anjing peliharaan yang diabaikan pemiliknya ketika gejala infeksi menyerang kedua matanya, hingga Rod kehilangan penglihatan.

bulldog goes blind from infection
Griffin Pond Animal Shelter

Sebenarnya infeksi mata pada anjing dapat diobati jika dilakukan sejak dini. Penyebabnya bisa beragam, namun berakibat sama, yakni anjing bisa mengalami kebutaan. Dalam kasus tertentu bahkan diperlukan pengangkatan bola mata.

Gejala infeksi pada mata anjing dapat dilihat bila mata anjing kemerahan atau terjadi pembengkakan, berair, atau cairan mata berbau. Waspadai juga jika anjing kerap memicingkan mata, berkedip, memegang atau menggosok mata, serta peka terhadap cahaya. Apabila pemilik cukup tanggap dengan kondisi anjing, maka anjing akan mendapat pertolongan sejak dini yang otomatis menjauhkan anjing dari risiko kebutaan.

bulldog goes blind from infection
Griffin Pond Animal Shelter

Sebenarnya tidaklah repot mencegah infeksi mata pada anjing. Pemilik cukup menghindarkan anjing dari trauma pada mata atas benda asing misalnya debu, biji, atau benda lain yang mungkin masuk ke dalam mata. Bisa juga dengan memotong rambut di sekitar mata anjing agar bola mata tidak terganggu dan tidak menimbulkan goresan. Yang terpenting adalah menjaga wajah anjing senantiasa bersih. Pastikan juga anjing selalu terbebas dari kotoran mata.

Infeksi mata umumnya terjadi akibat virus (seperti distemper, herpes, hepatitis, canine influenza), bakteri (seperti canine brucellosis, leptospirosis, dan penyakit tick-borne seperti ehrlichiosis anjing atau penyakit lyme), jamur, trauma goresan pada bola mata, juga iritasi (seperti dari asap, sampo, rumput, kotoran, atau bulu anjing sendiri), parasit.

bulldog goes blind from neglect
Griffin Pond Animal Shelter

Seandainya saja Rod mendapatkan pertolongan dari pemiliknya semenjak terjadi gejala, tentu Rod masih dapat melihat indahnya dunia dengan jelas. Meski kondisi mata Rod sudah cukup parah tetapi pihak penampungan tetap mengupayakan yang terbaik, Rod kemudian menjalani serangkaian operasi pemulihan mata. Perjuangan atas Rod akhirnya dapat menyelamatkan 10% dari penglihatannya. Perawatan dan operasi lanjutan diyakini masih dapat membuat Rod untuk melihat lebih baik, walaupun tidak mungkin memulihkan hingga 100%.

bulldog goes blind from neglect
Griffin Pond Animal Shelter

Rod juga menemukan sahabat di rumah orangtua asuhnya, yakni sesama bulldog bernama Mango. Meski belum terlampau jelas, tetapi Rod sangat bahagia bisa melihat wajah sahabat dan orangtuanya. Rod baru merasakan arti rumah yang sesungguhnya, dimana semua penghuni saling menyayangi satu sama lain. Rod juga mengerti bahwa bukan cuma makanan yang ia butuhkan dalam hidup, tetapi kepedulian dan cinta kasih yang tulus dari pemiliknya.

bulldog goes blind from infection
Griffin Pond Animal Shelter