Graycie Clair adalah nama anjing terlantar yang ditemukan dalam keadaan kurus, dehidrasi, hipotermia dan menderita prolapsus vagina yang menyakitkan hingga akan di-euthanasia. Namun Dr Andy Mathis tak mau menyerah, meski ia tak bisa menangani kasus prolapsus vagina Graycie yang parah, maka ia membawa Graycie ke College of Veterinary Medicine di University of Georgia untuk dirawat.
Prolapsus vagina adalah satu keadaan dimana bagian organ genital betina melalui vulva menonjol keluar. Biasanya keadaan tersebut diikuti dengan prolapsus uteri atau keluarnya rahim. Banyak penyebab terjadinya kondisi yang membuat anjing kesakitan di bagian genitalnya, salah satunya adalah perkawinan yang dipaksakan seperti melalui inseminasi buatan. Di masa menuju kelahiran, biasanya ancaman terhadap anjing sudah tampak, namun pemilik tetap memaksakan kelahiran. Pada kasus anjing liar, otomatis hal terjadi dengan sendirinya. Sementara dalam kasus Graycie, kemungkinan ia berasal dari tempat pembiakan kemudian ia dibuang karena kondisi tersebut. 

Graycie

Penyebab lainnya adalah pola pemeliharaan yang kurang baik, terutama kebersihan lingkungan, sehingga memicu terjadinya infeksi bakterial, viral, maupun mikotoksial. Pada anjing yang mengalami kondisi tersebut maka akan kerap mengejan dan akan menggesek-gesekan bagian yang menonjol tersebut untuk menghilangkan rasa sakit. Namun malah berakibat lebih fatal, karena memungkinkan terjadinya infeksi lebih parah. 
Langkah operasi dilakukan untuk mendorong kembali bagian yang menonjol ke dalam, dan menjahit bibir vulva agar tak lagi terdorong keluar, seperti yang dilakukan tim dokter dari College of Veterinary Medicine di University of Georgia terhadap Graycie.
Namun masalah lain yang dihadapi Graycie adalah ketakutannya yang membuat ia tak mau makan, bahkan tak bersemangat untuk hidup. Sehingga Dr Andy Mathis yang kemudian merawat Graycie di kliniknya harus kerap membujuk agar Graycie mau makan sendiri, dan yang mengharukan adalah upaya sang dokter mengajak Graycie makan bersama di dalam kandang. Bahkan Dr Andy Mathis pun menggunakan mangkuk yang sama seperti Graycie. Awalnya Graycie tetap enggan makan dan hanya duduk di sudut kandang, namun kemudian ia mau makan sendiri.

graycie 2

Usaha Dr Andy Mathis tak sia-sia, bahkan video ‘acara’ makan bersama Graycie tersebar melalui sosial media. Banyak pihak bersimpati pada sang dokter yang mampu menyelamatkan Graycie dari kematian. Bahkan meski Graycie masih dalam masa perawatan di klinik, telah banyak pihak mengajukan diri untuk mengadopsi Graycie.