Fungsi utama lidah adalah untuk membawa makanan dan air ke dalam mulut, membantu mengunyah, menelan, serta mencicipi sensasi rasa asin, manis dan asam. Menjulurkan lidah identik dengan anjing, karena lidah mampu mengatur suhu tubuh anjing. Udara bolak-balik melewati atas lidah ketika anjing terengah guna mendinginkan tubuh.

Hasil gambar untuk dog tongue check doctor
petwave.com

Air liur juga berperan dalam pendinginan dengan membuat penguapan dalam mulut. Jadi mohon maklum saja jika air liur anjing ‘kemana-mana’, dia lagi mengatur suhu tubuh, asal jangan berlebihan. Anjing juga menggunakan lidahnya untuk membersihkan diri, merawat luka dan iritasi, serta mengurus anak bagi anjing betina.

Uniknya para praktisi obat tradisional Cina (TCM) menjadikan lidah sebagai alat untuk memberikan informasi tambahan tentang kesehatan. Lidah yang sehat biasanya berwarna merah muda kecuali pada anjing sejenis chow chow yang memiliki lidah berwarna lain.

Hasil gambar untuk dog tongue
pets4homes.co.uk

Lidah tidak boleh ada benjolan, memar atau pertumbuhan sesuatu yang aneh di area tersebut. Warna lidah orange pucat atau putih, merah tua, biru atau ungu, dan kuning dapat dinilai sesuai dengan prinsip-prinsip TCM dalam menentukan tingkat kesehatan anjing.

  • Lidah pucat atau putih merupakan tanda dari kondisi tubuh melemah, biasanya anjing terkena anemia, leukemia, masalah tekanan darah, edema (retensi cairan), serta masalah sistem lambung, paru-paru dan gizi buruk
  • Lidah merah tua menunjukkan hiperaktivitas salah satu sistem organ tubuh dan mungkin melibatkan infeksi bakteri atau virus, demam, kandung empedu atau stagnasi ginjal, hipertiroidisme, diabetes, kanker, atau akumulasi racun di suatu tempat di tubuh.
  • Lidah kebiruan atau ungu-biruan menandakan rasa sakit atau kemacetan di area tubuh tertentu dan dapat menunjukkan masalah sistem pembuluh darah, penyakit jantung, peredaran darah, pernapasan, penyakit hati, toksikosis, stres organ, hepatitis, atau masalah autoimun.
  • Lidah kuning-oranye menunjukkan gastritis dan kandung empedu atau kerusakan hati.

Praktisi TCM juga mengevaluasi lapisan di lidah. Misalnya, jika lapisan tebal atau pucat, merupakan tanda ketidakseimbangan dalam sistem pencernaan, yang merupakan sistem kekebalan terbesar dalam tubuh anjing. Hal ini sering terjadi ketika ada pertumbuhan ragi berlebih dalam tubuh, yang umumnya terjadi pada hewan peliharaan pelaku diet berbasis gandum namun kekurangan nutrisi dan enzim yang diperlukan tubuh.

Hasil gambar untuk dog tongue check doctor
cesarsway.com

Cobalah meraba lidah anjing pada bagian atas, sisi dan bawah lidah, semacam “analisis regional” guna mengetahui bila terjadi perubahan pada bentuk atau tekstur lidah. Cara tersebut juga mampu menunjukkan adanya masalah dengan berbagai sistem organ tubuh anjing. Bila ditemui hal yang mencurigakan segera berkonsultasi dengan dokter, sebelum nafsu makan anjing menurun yang akan menurunkan staminanya juga secara drastis.