Mungkin sepanjang usinya, Zipper menggelandang di jalanan. Ia bukan anjing yang diinginkan karena tidak sempurna seperti anjing lain. Gigi Zipper tidak tertata rapi, melainkan memiliki jarak antar gigi dan tidak tumbuh memanjang lurus ke atas, tapi keluar sehingga Zipper jarang bisa menutup mulutnya dengan benar. Giginya terlihat ‘nongol’ dari mulut.

dog with unique smile
thedodo.com

Keberuntungan mendatangi Zipper di usia 8 tahun. Ia menghuni salah satu kandang di penampungan Huntsville Animal Services, Alabama. Erin Webb, seorang relawan dari penampungan, mengisahkan saat Zipper ditemukan tubuhnya kurus, berkutu dan bulu seadanya. Terlihat Zipper tidak pernah mendapatkan perawatan selama hidupnya. Meski demikian, Zipper cukup ramah menerima kehadiran manusia di kesehariannya. Tak butuh waktu lama bagi Zipper untuk bergaul, juga pada sesame anjing di sana.

dog with unique smile
thedodo.com

Kondisi gigi Zipper disinyalir akibat masalah pada mulut dan giginya, pihak medis pun sempat berasumsi demikian. Namun setelah menjalani pemeriksaan, ternyata Zipper sama sekali tak memiliki masalah dengan gigi maupun mulut. Bentuk rahang Zipper rupanya berbeda dengan anjing pada umumnya. Kelainan tersebut diderita sejak lahir akibat deformitas atau pertumbuhan abnormal bawaan pada tulang, terjadi di tubuh atau bagian kepala, jarang sekali hanya bagian rahang seperti yang dialami Zipper, sehingga pertumbuhan gigi juga abnormal.

dog with unique smile
thedodo.com

Dalam beberapa kasus, deformitas dapat ditolong dengan pembedahan tulang. Tindakan itupun dilakukan bila hewan terganggu atau tersakiti akibat kondisinya. Jika hewan baik-baik saja, dokter memutuskan hewan hidup apa adanya. Seperti pada Zipper.

dog with unique smile
thedodo.com

Zipper dapat makan dan mengunyah makanan makanan dengan baik. Ia minum tanpa kesulitan, bahkan bermain boneka gigit. Zipper juga tidak merasa rendah diri, meski ia berbeda. Erin malah mengatakan bahwa Zipper tak segan memamerkan senyumnya yang unik. Erin berharap setelah kesehatan Zipper pulih nanti, Zipper akan segera menemukan keluarga yang bisa menerima keadaan Zipper apa adanya.

dog with unique smile
thedodo.com