Tak semua anjing pernah melakukan “doddie butt” atau Canine Pseudocoprostasis, yakni menggeser bokongnya sambil berjalan karena risih masih ada kotoran yang tak bersih di sekitar bulu di bagian bokong anjing. Kondisi semakin parah bila bulu telah saling menempel atau menempel di kulit, tandanya anjing dapat menderita infeksi, peradangan dan terjangkit bakteri akibat kotoran yang tak dapat dibersihkannya. Parahnya lagi kondisi tersebut menyebabkan anjing mengalami diare, atau menjadi sulit buang air. Sangat menderita bukan?

dogscoot

Anjing yang mengalami “doodie butt” biasanya anjing berbulu lebat, terutama di bagian bokongnya. Atau terjadi pada anjing senior, dimana mereka sulit untuk membersihkan diri sendiri. Dr Cynthia Maro dari Rumah Sakit Hewan Ellwood menyarankan agar bulu di sekitar pantat anjing dipangkas pendek. Agar mencegah kotoran menempel yang menyebabkan berkembangnya bakteri, infeksi dan bau.

doublefluffbutt

Selain itu harus dipastikan kelenjar anal kosong untuk mencegah anjing menderita saat buang air besar serta menghindari abses pada anjing. Salah satu cara memastikannya adalah menjepit anus anjing dengan dua jari, bila tak ada kotoran yang keluar berarti saluran pembuangan telah bersih.
Bila terdapat rambut kusut di sekitar bokong anjing, sebaiknya juga tidak langsung memangkasnya sebelum mencuci dengan air hangat lalu perlahan menyisir ke arah luar, hindari juga memangkas terlalu pendek karena berpotensi iritasi pada kulit anjing.
pomgroomer