Penduduk di New Mumbai, India, dikejutkan dengan beberapa anjing liar berwarna biru di jalanan. Anjing-anjing itu berwarna biru seperti mengandung radioaktif. Mereka kemudian dibawa ke klinik hewan untuk diketahui penyebab serta kondisi kesehatan yang bisa jadi membahayakan.

Para dokter mencurigai perubahan warna yang terjadi pada anjing sebagai akibat dari tercemarnya Sungai Kasadi yang berada di daerah tersebut. Aliran air sungai itu melewati beberapa pabrik industri yang diduga membuang limbah sembarangan. Namun anehnya, tak satu anjing pun yang menunjukkan gejala keracunan. Anjing berbulu putih terlihat paling kentara perubahan warna bulu mereka, sementara anjing berbulu hitam lebih tampak kusam. Kerontokan pun tidak terlampau ekstrim terjadi. Tetapi tidak diketahui apabila para anjing berada di lokasi terlalu lama, atau tak segera dievakuasi.

blue dogs
BBC News

Navi Mumbai Municipal Corporation yang melakukan penelitian atas kasus polusi di kawasan itu, menyatakan bahwa pabrik-pabrik di sana kebanyakan tak mampu melakukan pengolahan limbah dengan baik. Pihak pemerintah pun tak cukup tegas untuk menindak, sehingga keadaan berlarut-larut dan terjadilah pencemaran sungai dan udara. Keadaan itu tentu mengganggu kehidupan masyarakat serta hewan, dan baru kali ini ditemukan dampak limbah sampai membuat anjing berwarna biru.

Sayangnya penduduk menggantungkan hidup sebagai pekerja pabrik. Bila pabrik tutup maka ribuan orang akan kehilangan pekerjaan. Sehingga mereka bertahan dengan kondisi yang ada, tanpa melakukan aksi untuk menghentikan pencemaran. Bahkan setelah mendapati kenyataan anjing berubah warna sekalipun! Hewan memiliki sensitivitas tinggi terhadap alam, perubahan pada mereka merupakan hal yang harus disikapi manusia sebelum terjadi keadaan yang lebih buruk lagi.

Baca juga. “Tiba-tiba Sophie Melompat Dan Berlari, Ternyata Anjing Memang Lebih Dulu Mengetahui Datangnya Bencana”