Mungkin masih belum banyak yang tahu tentang arti pemakaian pita kuning pada anjing, baik pemilik anjing, maupun masyarakat umum. Padahal sangat penting diketahui untuk mencegah hal-hal buruk yang menimpa anjing atau orang-orang di sekitarnya. Bahkan sebuah organisasi non profit yang menyebut dirinya The Yellow Dog Project, berusaha mensosialisasikan pita kuning pada anjing ke seluruh dunia.

Ada pesan harus dipahami apabila melihat anjing mengenakan pita kuning di leher atau talinya, meski ia dijaga oleh sang pemilik, atau sedang bermain tanpa pengawalan di lingkungan sekitar. Pita kuning pada anjing dapat diartikan bahwa anjing sedang menjalani terapi. Baik itu kesehatan fisik, maupun mental. 

Sangat disarankan tidak memberi makan pada mereka, atau mengajaknya bermain apabila tak mengerti secara pasti keadaan anjing tersebut. Bisa saja mereka sedang dilarang oleh dokter untuk mengonsumsi makanan tertentu karena sakit yang diderita, atau ia sedang menjalani terapi mental akibat terlalu agresif, cemas, takut, dan hal lain yang menyangkut psikologis. Kondisi anjing yang bermasalah dengan perilakunya dapat membahayakan orang-orang yang tak ia kenal, dimana anjing sulit mengendalikan diri dan bisa menyerang tiba-tiba. Bahkan bagi pemiliknya pun kondisi tersebut harus diwaspadai.

Namun tak mungkin untuk melakukan terapi hanya di rumah saja, anjing juga butuh berinteraksi dengan lingkungan sehingga ia harus keluar rumah. Dan pita kuning yang ia kenakan akan menghindarkan dirinya dari ancaman yang tak sengaja dari orang-orang yang ia jumpai, juga mencegah kejadian buruk yang bisa ditimbulkan karenanya. 
Bila kamu merasa anjing peliharaan memiliki masalah dengan perilaku, atau sedang dalam masa pengobatan dan perawatan kesehatan, jangan lupakan untuk memakaikan pita kuning di leher atau talinya.