Harapan para pemilik kucing adalah hidup bersama peliharaan mereka lebih lama, bahkan kalau bisa selama-lamanya. Namun secara umum kucing hanya berumur 7 tahun sampai belasan tahun. Kucing berumur panjang biasanya adalah kucing peliharaan (indoor), meski bukan hal mutlak bahwa kucing rumahan terjamin panjang umur. Tetapi berkat kemajuan ilmu kedokteran dan gizi, “membuat” kucing mampu hidup lebih lama daripada sebelumnya.

Baca juga. “Corduroy, Kucing Berumur 26 Tahun Yang Menolak Untuk Tua”

Hasil gambar untuk birthday cat
pinterest

1Kucing indoor VS kucing liar

Kehidupan luar rumah menghadapkan kucing liar ke sejumlah bahaya yang tak dihadapi oleh kucing rumahan, termasuk risiko penyakit menular, racun, pemaparan pada elemen, dan luka-luka dari perkelahian atau kekerasan manusia. Sehingga kucing peliharaan (indoor) berpotensi untuk memiliki usia lebih panjang ketimbang yang hidup di luar.

2Kualitas makanan

Saat ini makanan kucing semakin variatif dan lengkap. Kucing dapat melakukan diet makanan sesuai dengan usianya, semisal makanan anak kucing (kitten) sampai kucing dewasa, bahkan kucing yang memiliki masalah kesehatan. Pemilik mampu menyeimbangan kebutuhan nutrisi dan gizi bagi kucing melalui makanan. Hal yang sulit dilakukan di masa lalu. Dimana anak kucing saat ini pun bisa melakukan diet yang mendukung pertumbuhan. Pemilihan makanan yang tepat menentukan masa hidup kucing.

3Asupan air

Banyak kucing tidak mengonsumsi air dalam jumlah cukup tanpa dorongan. Misalnya dengan memberi selingan makanan basah pada kucing, juga memberikan “sumber” air yang diminati kucing untuk minum. (baca. “6 cara agar kucing gak malas minum, demi mencegah masalah kesehatan”)

Hasil gambar untuk cat happy drink
Bplans

4Olahraga

Kebugaran kucing sangatlah penting untuk menjaga kesehatannya. Maka memelihara kucing tidah sekedar memberi makan semata, namun menstimulir agar kucing mau bergerak untuk berolahraga. Hal tersebut memberi kontribusi besar atas kelangsungan hidup kucing. Kegemukan pada kucing memicu sejumlah penyakit, seperti diabetes, jantung, kulit, pernapasan dan lainnya. Pemilik perlu menyisihkan waktu untuk bermain bersama atau memberikan mainan yang membuat kucing bergerak. (baca. “Jangan Biarkan Kucing Gendut, Ajak Olahraga Yuk!”)

5Melakukan steril

Spaying dan neutering dinyatakan Banfield Hospital Pet Report dapat meningkatkan masa hidup kucing. Dimana kucing akan terhindar dari sejumlah penyakit berbahaya, serta memberi kualitas hidup kucing lebih baik.

Hasil gambar untuk cat vet
catster

6Pengayaan lingkungan

Pengayaan lingkungan adalah suatu keharusan bagi semua pemilik kucing, terutama bila kucing sama sekali tidak keluar rumah. Hidup di dalam ruangan, meskipun lebih aman daripada tinggal di luar, dapat menimbulkan kebosanan pada kucing. (baca. “5 naluri kucing yang tak mungkin hilang meski mereka telah jinak dan hidup dalam rumah”)

7Merawat mulut dan gigi

Kebanyakan pemilik kurang memerhatikan masalah mulut dan gigi kucing, padahal kucing di atas usia 3 tahun sudah mulai memiliki beberapa tingkat penyakit gigi yang dapat dicegah apabila mereka mendapatkan perawatan yang benar, serta menjaga kebersihan mulut dan gigi. Banyak hal dapat menjadi penyebab, diantaranya adalah makanan.

8Jadwal ke dokter

Selain melengkapi vaksin sebagai pendukung daya tubuh mereka, setiap kucing perlu memiliki jadwal tahunan memeriksakan diri ke dokter. Semakin umur mereka bertambah, diperlukan juga pengecekan fungsi organ tubuh melalui tes laboratorium, sehingga gejala apapun yang berhubungan dengan kesehatan dapat diketahui secara dini dan dilakukan upaya pencegahannya.

Hasil gambar untuk birthday cat
today.com

Baca juga. “Rahasia umur panjang Nutmeg, kucing berusia 31 tahun”