Gangguan pencernaan, ditandai saat makanan ditolak oleh tubuh. Bisa terjadi secara langsung dari perut yang mengakibatkan muntah, atau dari usus yang menyebabkan diare. Kondisi tersebut sangat umum terjadi pada anjing, karena anjing bukanlah pemilih makanan seperti kucing. Bila anjing mengalaminya, jangan terburu panik, karena belum tentu penyebab anjing sakit perut akibat virus, bakteri, alergi atau parasit.

Gambar terkait
3milliondogs.com

Peradangan pada perut menyebabkan kontraksi otot yang mengakibatkan muntah. Sementara peradangan pada usus menyebabkan kontraksi otot yang menyebabkan peningkatan kecepatan kandungan usus melalui saluran pencernaan. Tidak cukup waktu bagi komponen cairan untuk diserap kembali ke dalam tubuh, sehingga kotoran berbentuk cair dan frekuensi pengeluarannya meningkat. Dengan kata lain anjing mengalami diare.

Gambar terkait
Merck Veterinary Manual

Muntah dan diare bisa berkembang menjadi masalah serius yang mengancam jiwa, tapi bukan berarti setiap anjing mengalami gangguan lambung ringan harus segera dibawa ke dokter. Pertolongan medis murni dibutuhkan apabila anjing muntah-muntah atau muntah disertai diare berulang-ulang selama beberapa jam, anjing tampak kusam atau depresi atau kesakitan, perut anjing membengkak dengan cara yang terlihat, terdapat darah di muntahan atau kotoran, anjing mengalami kondisi tersebut lebih dari 24 jam.

Meski gangguan lambung ringan, anjing juga butuh pertolongan sederhana agar kondisi tersebut tidak berkembang menjadi parah. Puasakan anjing apabila tubuh mereka masih menolak makanan, kontraksi yang terus menerus akan membuat anjing menderita apabila pemilik memaksa mereka untuk makan ataupun minum. Pastikan selalu memiliki cairan rehidrasi atau semacam oralit yang bisa dibeli di dokter hewan untuk mengantisipasi kondisi anjing. Cairan tersebut bisa diberikan sedikit demi sedikit untuk mengurangi peradangan dan mencegah anjing dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Hasil gambar untuk dog spoon fed
Pinterest

Selain cairan rehidrasi, konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan obat pro-biotik yang bisa selalu disimpan di rumah. Bantuan pro-biotik dapat memperbaiki sistem pencernaan melalui bakteri sehat yang diminumkan pada anjing. Apabila anjing sudah tampak sedikit pulih, sebaiknya memberi makanan yang mampu membantu penyembuhan. Yakni makanan yang mencantumkan “gastro-intestinal” di kemasannya, tetapi bila tak ada pemilik dapat memberikan makanan rendah lemak, mudah dicerna dan enak dimakan. Contohnya, ayam direbus dan dicampur nasi putih. Berikan sedikit saja, 3 kali sehari, selama 2-3 hari atau sampai tidak ada lagi tanda-tanda sakit perut. Setelah itu anjing bisa makan seperti biasa. Pencernaan yang sudah kembali membaik tentu bisa ‘menyimpan’ dan memproses makanan seperti sedia kala. Tidak perlu ke dokter, bukan?

Hasil gambar untuk dog happy recovered
wagwalking.com