Dalam dunia anjing juga dikenal istilah “separation anxiety”, yaitu ketakutan yang timbul pada anjing ketika mereka harus sendirian. Padahal hanya ditinggal di rumah ketika pemiliknya pergi bekerja, dengan kata lain bukan ditinggalkan berhari-hari juga kok.

Hasil gambar untuk separation anxiety dog

Ketakutan mereka disebut juga ketakutan maladaptif, yaitu kegagalan penyesuaian diri terhadap keadaan. Biasanya ia bersama sang pemilik, lalu ia tak dapat menemukan pemiliknya. Sehingga kecemasan dan ketakutan mulai dirasakan oleh anjing, kemudian mereka melampiaskannya dengan keinginan pergi dari rumah. Seperti menggaruk pintu, menggonggong berlebihan, berlarian ke sana kemari, bersembunyi, buang air semaunya, hiper aktif, air liur berlebihan dan beragam tindakan destruktif lainnya. Bayangkan saat pemiliknya pulang, rumah sudah seperti kapal pecah namun anjing mengibaskan ekor dengan gembira. Ia bertemu lagi dengan belahan jiwanya.

Hasil gambar untuk separation anxiety dog

Hasil gambar untuk separation anxiety dog

Setiap pemelihara pasti memiliki ikatan emosional dengan peliharaannya, dan ketika ikatan tersebut terlalu erat hingga berlebihan justru bukan dampak baik yang diperoleh, tetapi sebaliknya. Anjing hanya merasa tenang bila sang pemilik ada di sekitarnya, ia tak dapat mengatasi emosi saat sang pemilik memiliki urusan sendiri. Hidup menjadi penuh ketergantungan yang berakibat tak baik secara psikologis bagi kedua belah pihak. Parahnya, saking tak kuasa mengontrol emosi, anjing bisa sampai menyakiti diri sendiri.

Hasil gambar untuk separation anxiety dog

Seringnya pemilik memarahi atau melatih kedisiplinan anjing agar berperilaku baik saat ditinggalkan, namun hal itu tentu tidak akan menyelesaikan masalah. Akar dari permasalahan adalah ikatan emosional yang membentuk ketergantungan, padahal seharusnya rasa sayang antara pemilik dan anjingnya mampu melahirkan kemandirian. Dimana masing-masing tak saling cemas apabila berjauhan.

Hasil gambar untuk dog at home

Sedari kecil, atau saat anjing menjadi penghuni rumah, pemilik sebaiknya melatih mereka bersosialisasi. Baik dengan sesama anjing ataupun dengan manusia lainnya. Rajin mengajak mereka berjalan-jalan dan mengenal lingkungan merupakan cara yang tepat membangun sikap anjing yang mandiri. Bila anjing memiliki kemandirian, maka mereka juga akan memiliki rasa percaya diri. Sehingga tak sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan meski tanpa disertai sang pemilik. Anjing juga akan tetap tenang bila ditinggalkan karena mereka percaya sang pemilik akan kembali pulang. Anjing berperilaku baik dapat dilihat justru saat mereka sedang tidak bersama pemiliknya.

Hasil gambar untuk confident dog