David Pericle mengajak anjing peliharaannya berjalan-jalan, namun tidak seperti pada umumnya. Bila orang lain mengikat anjing lalu berjalan seiring, atau menggunakan sepeda guna menyetarakan kecepatan anjing, David justru menggunakan mobil. Anjingnya saat itu tampak berlari di samping mobil yang melaju, David tak mengetahui jika tindakannya tersebut direkam oleh seorang pencinta anjing bernama Amanda Brajkovich. Kemudian rekaman tersebut diunggah di internet, dan seketika saja kejadian di Stockton, California, itu menjadi kecaman para pencinta anjing yang menganggap tindakan David tidaklah benar. Dan termasuk dalam kategori kekerasan pada hewan.

Bagi Amanda sendiri, kejadian tersebut sangat mengkhawatirkan, karena bisa saja anjing terseret mobil tanpa diketahui pemiliknya. Memang risiko membawa anjing berjalan-jalan seperti yang dilakukan David cukup besar, sehingga para pencinta anjing pun melaporkan tindakan David ke pihak kepolisian.

 

Kegiatan berjalan-jalan dengan anjing sebenarnya memberi manfaat istimewa bagi pemilik, karena dapat meningkatkan ikatan emosional antara anjing dengan pemiliknya. Dan juga memberi nilai sosialisasi bagi anjing dan sang pemilik di lingkungan mereka, dimana mereka bisa bertemu dan terlibat dalam interaksi dengan orang atau anjing lain. Sementara cara yang dilakukan David sama sekali tak mampu mengakomodir perolehan manfaat bagi pemilik, maupun anjingnya. David hanya sekedar ‘membuang’ energi anjing agar menurunkan agresinya, dan membuat anjing berolahraga. Sementara risiko yang dikhawatirkan Amanda serta para pencinta anjing lainnya bisa saja terjadi.

Namun agaknya Amanda dan para pencinta anjing harus kecewa, karena David tidak diberi sanksi apapun atas tindakannya. Tindakan David dianggap tidak mencelakakan anjing, karena mobil yang dikendarainya dianggap melaju tak terlalu kencang.

 

  • Thom

    Pake mobil sih keterlaluan, paling ga pake motor biar anjing bisa lari maksimal tapi kekontrol juga