Saat melihat pemiliknya makan, anjing selalu saja memerhatikan. Malah sampai ngeces segala. Ketika berada di dapur, ia terus berupaya mengendus makanan. Juga bila kebetulan ada makanan jatuh, secepat kilat akan disambarnya. Kasihan kan jika anjing peliharaan “bertuankan” makanan seperti itu, padahal mereka mendapatkan makanan yang cukup. Namun mengapa perilakunya masih demikian?

Hasil gambar untuk dog always hungry
sheknows.com

1Jadwal makan tidak teratur

Anjing merupakan hewan yang sangat disiplin. Maka ketika kegiatan dilakukan secara tak terjadwal, anjing kesulitan mengelola keinginannya. Mereka bingung untuk menentukan prioritas, termasuk memahami aturan “boleh dan tidak boleh”. Makanan seolah sesuatu yang setiap saat dapat mereka peroleh, karena tak terlatih dengan jadwal.

2Variasi makanan

Anjing tetap memiliki selera makan, mereka tahu makanan yang enak dan tak enak. Apabila makanan sehari-hari yang mereka konsumsi tak sesuai dengan selera, maka anjing akan “melirik” makanan lain. Sebaiknya pemilik memberi variasi makanan pada anjing, termasuk cemilan untuk membiasakan “lidah” anjing mengecap beragam rasa agar mereka tak selalu penasaran dengan sesuatu di luar makanan rutinnya.

Hasil gambar untuk dog always hungry
Animals OneHowto

3Porsi makan tidak cukup

Pemilik anjing hendaknya mengetahui jumlah asupan yang dibutuhkan anjing mereka. Setiap anjing tentu memiliki kebutuhan berbeda, tak hanya berdasarkan berat badan atau bentuk tubuh, tetapi kegiatan mereka sehari-hari. Contohnya, jenis anjing sama dengan porsi makanan serupa pun belum tentu menghasilkan bentuk tubuh yang sama, apabila satu anjing sering berolah raga sementara lainnya tidak.

4Terbiasa memberi makanan manusia

Sering kali pemilik anjing membagi makanan pada peliharaan mereka. Awalnya hanya sekedar membuat anjing senang, tapi lama-lama anjing terbiasa dengan perilaku tersebut sehingga mereka menginginkan makanan yang sebenarnya bukan diperuntukan untuknya.

Hasil gambar untuk dog always hungry

5Tidak terlatih

Makanan merupakan hal yang juga harus dihargai oleh anjing, dimana mereka harus mengerti etika dalam mendapatkannya. Latihlah anjing untuk bersabar saat diberi makan, tidak merebut, tidak melompat, namun duduk tenang sampai diperbolehkan makan. Tanpa melatih mereka untuk menghargai makanan, maka anjing akan mengasosiasikan kepemilikan atas makanan termasuk hak untuk mendapatkannya tanpa persetujuan sang pemilik.

6Alasan medis

Dalam kondisi seperti diabetes atau hipertiroidisme (gangguan kelenjar tiroid), anjing akan mengalami rasa lapar terus menerus. Hal tersebut terjadi karena mereka membutuhkan gula sebagai sumber energi yang sangat minim dalam tubuh. Meski selalu lapar dan banyak makan, anjing yang mengalami gangguan kesehatan biasanya bertubuh kurus. Sebaiknya konsultasikan pada dokter