Tak hanya film Tom and Jerry, beberapa film kartun lain dengan tokoh kucing sering kali ditampilkan sedang minum susu. Lama kelamaan banyak orang beranggapan bahwa kucing adalah peminum susu. Kurangnya pengetahuan akan dampak yang ditimbulkan susu pada kucing, niat baik memberi kucing susu malah membuat si kucing jatuh sakit. Bisa sakit perut, diare, sampai kram perut.

Gambar terkait
giphy.com

Alasan utama susu tidak dianjurkan karena kucing intoleran terhadap laktosa yang umum terdapat dalam kandungan susu. Kucing kekurangan enzim laktase yang membantu mencerna laktosa, sehingga ketika laktosa tidak berhasil dicerna dalam sistem pencernaan kucing, dibutuhkan air dari usus. Laktosa tidak bisa melalui dinding usus ke dalam aliran darah dengan mudah. Selain itu, kucing rentan terhadap bakteri usus yang bisa menyebabkan gas serta diare yang menyakitkan.

Gambar terkait
playbuzz.com

Namun bukan berarti kucing tidak bisa menikmati susu. Apabila susu bebas dari laktosa, maka kucing bisa menikmatinya dengan aman. Beberapa ahli menyarankan bahwa krim lebih baik dari susu biasa, kemungkinan karena kandungan laktosa dalam krim lebih sedikit dibanding susu biasa atau skim. Namun tak semua kucing bisa mentolerir laktosa meskipun sedikit, maka bila ingin meminimalisir bahaya susu bagi kucing, sebaiknya membeli susu kucing. Contohnya CatSip atau CatSure, yang benar-benar bebas laktosa. Mungkin si Tom dan kucing kartun lain juga minum susu yang beginian ya? Hehe

Hasil gambar untuk garfield drink milk
pinterest.com

Tapi apakah penting memberi kucing minum susu? Selain bayi kucing yang mendapatkan susu dari induknya, kucing tidak memerlukan susu. Mungkin sebagian pemilik memberi susu sebagai variasi menu buat kucing, namun terlalu sering memberi susu meski bebas laktosa tak memberi nutrisi penting yang dibutuhkan kucing. Karena kucing telah mendapatkan nutrisi dari makanan sehari-hari. Bahkan susu bisa menurunkan selera makan kucing terhadap daging yang justru ia butuhkan. Tanpa daging yang mensuplai protein tinggi, kucing bisa mengalami malnutrisi.

Hasil gambar untuk cat drink milk
catster.com

Bagi kucing, cairan yang dibutuhkan sederhana saja. Yakni, air tawar dalam mangkuk yang bersih. Sebaiknya hindari memberi kucing air dari kran atau sembarang air, berikan air mineral atau air rebusan yang telah didinginkan. Air yang higienis sangat membantu kucing untuk terhindar dari dehidrasi dan menjaga kelembaban tubuhnya.

Hasil gambar untuk cat drinks water bowl
purina.co.uk