Selain populer sebagai penyelamat ribuan anjing, Marc Ching juga dikenal sebagai pengelola kuliner sehat hewan. (baca Marc Ching menyamar sebagai pengekspor daging anjing, demi menyelamatkan para anjing dari santapan manusia). Ia menggunakan bahan herbal yang telah menjadi tradisi pengobatan masyarakat timur dalam pengolahan makanan di restoran hewan miliknya.

Salah satunya asupan yang ia gunakan untuk menjaga kesehatan ginjal kucing, agar kucing memiliki umur panjang. Seperti diketahui masalah ginjal kerap kali menjadi penyebab utama kematian kucing. (baca. Mengenali Ancaman Gangguan Ginjal, ‘pembunuh’ Utama Para Kucing)

1Selingi makanan kering dengan makanan basah

Kucing membutuhkan kelembaban untuk menjaga organ vital mereka dan mempertahan kualitas kesehatan tubuhnya, sementara makanan kering justru menyerap kelembaban selama proses pencernaan. Hal itu membuat ginjal bekerja lebih keras dibanding saat mereka makan makanan basah.

2Pemberian silymarin

Mungkin kurang populer, namun tanaman silymarin atau milk thistle telah dipakai sebagai obat sejak 2000 tahun lalu. Keistimewaan silymarin, mampu melindungi ginjal dengan menyerap racun dalam tubuh. Bibit atau ekstrak silymarin kini sudah banyak yang menjualnya dan dipakai juga oleh orang-orang yang terkena penyakit hepatitis.

3Menambahkan minyak krill atau minyak ikan dalam makanan

Dalam penelitian, minyak krill atau sejenis minyak ikan telah terbukti memperlambat perkembangan gagal ginjal dan penyakit ginjal utama. Kaya akan astaxanthin dan omega-3 asam lemak yang sangat bermanfaat bagi kucing dalam meremajakan organnya. Selain itu rasa minyak krill sangat bisa dinikmati kucing.

4Kualitas air minum dan terpenuhi kebutuhannya

Jangan anggap sepele air minum, bila tak yakin air kran bisa diminum maka jangan biarkan kucing mengonsumsinya karena hanya akan membuat ginjal mereka bermasalah di kemudian hari. Demikian pula asupan air bagi kucing, pastikan terpenuhi kebutuhannya agar tidak memforsir ginjal bekerja.

5Menambahkan probiotik

Probiotik dapat membantu mengurangi jumlah racun dalam tubuh. Berupa bakteri menguntungkan yang akan ‘memakan’ bakteri berbahaya juga bahan lain yang tercerna tubuh, sehingga mengurangi racun yang bisa menyebabkan gagal ginjal pada kucing.
(baca “Boleh Kok Kucing Minum Yogurt, Malah Bagus Buat Pencernaan”)

  • Giya Gayatri

    Tapi ga boleh kseringan makan basah juga bikin rusak gigi