Memang tidak semua kucing mengalami ‘otak beku’ ketika diberi makan es krim, tapi jika terjadi, maka kucing akan mengalami sakit luar biasa di bagian kepala. Kasihan kan? Sebenarnya ‘otak beku’ atau ‘brain freeze’ atau istilah medisnya adalah ganglioneuralgia sphenopalatine, tidak hanya berpotensi dialami oleh kucing. Manusia pun bisa. Dan penyebabnya sama, seringnya akibat makan es krim, atau makanan atau minuman dingin lain karena cara mengonsumsi terlalu cepat.

Bagi kucing, es krim bukanlah satu makanan yang mutlak dilarang. Tergantung bahan pembuatnya dan cara mengonsumsinya. Es krim biasanya dibuat dari susu sapi yang bisa menimbulkan penyakit pada kucing, selain itu kandungan kalori yang tinggi juga buruk bagi kucing. Jangan tergoda bila kebetulan melihat video atau foto-foto kucing b ersuka cita menikmati es krim, karena tidak diketahui kondisi dan jenis es krim yang mereka makan.

Top 10 Images of Cats Loving Ice Cream

Terjadinya ‘otak beku’ disebabkan karena saraf-saraf mulut yang berada pada langit-langit dan dinding mulut mengalami pendinginan sehingga membuat pembuluh darah berkontraksi berupa pengkerutan(vasokonstriksi). Hal itu terjadi sebagai respon guna mencegah hilangnya panas tubuh akibat penurunan suhu yang ekstrim. Ketika suhu dingin berkurang, saraf-saraf mulut menjadi rileks kembali namun membuat pembuluh darah mengalami pelebaran secara tiba-tiba, lalu aliran darah ke otak yang awalnya lambat menjadi cepat. Aliran darah secara tiba-tiba itulah yang menyebabkan sakit kepala yang disebut ‘otak beku’.

cat video eating from ice

 

Kejadian tersebut biasanya tidak terlalu lama, karena otomatis saat terjadi maka kucing akan menghentikan makan. Wajahnya tampak kaget dan terlihat lucu, namun sayangnya bagi kucing hal itu tidak lucu sama sekali karena ia merasakan sakit luar biasa di kepala. Bagi manusia bila hal itu terjadi, bisa ditanggulangi dengan menekan lidah ke langit-langit mulut guna membantu menghangatkan darah yang melewatinya. Tapi kucing tak mungkin melakukannya, sehingga satu-satunya cara adalah berhenti makan dan menunggu beberapa saat hingga suhu tubuh kembali normal.

Lihat juga. “Kalau Kata Kucing Ini Sih, Makan Es Krim Tuh Enaknya Sambil Tiduran Terlentang”