Agar berat badan kucing tetap ideal, maka perlu diperhatikan untuk menambahkan atau mengurangi porsi makanan kucing. Cara mengetahui apakah kucing gemuk atau kurus dapatdilakukan dengan cara meraba bagian tulang rusuknya. Jika tulang rusuk kucing saat diraba terasa dengan jelas, maka dapat mengindikasikan kucing tersebut kurus, sedangkan pada kucing gemuk tulang rusuknya tidak bisa diraba lagi karena ditutupi oleh lemak.

Kucing dewasa dengan berat sekitar 5 kg memerlukan energi makanan sekitar 300 kalori per hari, sehingga perlu memerhatikan kandungan kalori pada kemasan makanan agar dapat memenuhi kebutuhan kalorinya selama satu hari dengan membagi jumlah tersebut sesuai dengan frekuensi pemberian makan. Sebagai patokan lain yang dapat digunakan,
dihitung dari berat kucing. Biasanya setiap hari kucing makan sekitar 2% dari berat badannya. Jadi bila berat kucing 5 kg, makanan yang diperlukan sekitar 2% x 5 Kg yaitu sekitar 100 gr/hari. Sebaiknya tidak memberi makanan kucing dewasa kepada kitten, begitu pula sebaliknya.

 

 

Pemberian makan pada kucing dewasa sebaiknya dilakukan secara rutin 2-3 kali sehari, agar kucing dapat membangun nafsu makannya serta menjaga berat badan. Namun pada anak kucing pemberian makanan dapat dilakukan dengan menyediakan makanan di mangkok yang bisa ia makan setiap saat, atau memperbanyak frekuensi pemberian makan hingga 4-5 kali sehari agar membantu pertumbuhannya.