Layaknya manusia, kucing juga memerlukan vitamin dan serat. Sumber terbaik untuk mendapatkannya adalah dari buah dan sayur. Maka kucing pun disarankan mengonsumsi keduanya, namun dalam batasan jenis dan dosis tertentu.

Hal tersebut diutarakan oleh Philip J Shanker DVM, pemilik rumah sakit hewan khusus kucing, The Cat Hospital di Campbell , California. Dimana banyak kucing mengalami gangguan kesehatan karena pemilik terlalu bergantung pada makanan kering dan kalengan. Sesekali memberi kucing cemilan dari sumber makanan alami sangatlah baik untuk mendukung kesehatan. Contohnya sayuran dan buah.

Gambar terkait
catster.com

Disarankan Phillip, kucing mengonsumsi blewah, mentimun, brokoli kukus atau asparagus. Tidak terlalu sering, dan dalam jumlah sedikit saja. Buah dan sayur kaya akan serat serta air yang baik untuk sistem pencernaan. Mungkin awalnya kucing tidak terlalu suka, karena tidak biasa.

catster.com

Selain itu, memberi daging alami dapat menyehatkan hati dan sistem reproduksi. Sementara ikan mampu memberi asupan omega-3 yang berguna bagi mata kucing, serta mencegah kucing mengalami penyakit ginjal, arthritis dan gangguan jantung. Tapi sebaiknya kedua bahan tersebut direbus atau dikukus terlebih dahulu guna menghilangkan bakteri yang terkandung di dalamnya. Dan ingat, tak perlu memberi bumbu.

Hasil gambar untuk my cat eat fish food
Pets WebMD

Satu lagi, biji-bijian pun mendukung kesehatan kucing. Menurut Phillip, biji-bijian yang sangat baik untuk mereka adalah couscous dan millet. Couscous merupakan sejenis gandum yang kaya akan nutrisi yang menjadi makanan pokok penduduk Yordania, Lebanon,Israel, Palestina, Aljazair, dan negara Timur Tengah lain. Termasuk di Trapani, Italia. Sementara millet atau sekoi, sejenis ragi yang menjadi makanan pokok sebagian orang di India dan Afrika. Manfaat yang didapat kucing dari kedua jenis biji-bijian itu sama seperti pada manusia, selain membantu diet juga menjaga sistem pencernaan, bahkan fungsi gigi.

Gak ada salahnya kan membiasakan si pus mengemil makanan sehat?