Pemilik kucing sering melakukan kesalahan yang dapat membahayakan kesehatan kucing, menurut Bruce Kornreich, D.V.M., associate director di Cornell University Feline Health Center, biasanya dari pola memberi makan kucing.

1Berlebihan

Kebanyakan kucing hanya perlu 250 sampai 300 kalori per hari, tergantung usia dan kegiatan sehari-hari kucing. Tetapi pemilik sering tak memerhatikan hal tersebut, sehingga tak mengubah porsi makan bagi kucing, juga tidak menyesuaikan kandungan makanan dengan kebutuhan gizi kucing agar senantiasa seimbang.

2Membiarkan kucing gemuk

Sekitar 59% kucing kelebihan berat badan, salah satunya karena anggapan gemuk adalah sehat dan lucu. Padahal kondisi gemuk membuat kucing kesulitan membersihkan diri dan berisiko mengalami diabetes, gangguan kulit, serta penyakit lain.

cat and weights

3Memberikan susu dan tuna

Kucing memang menyukai susu dan tuna, tetapi tubuh mereka tidak. Karena kucing tidak toleran terhadap laktosa, serta kandungan merkuri yang tinggi. Sebaiknya memberi mereka sekali-kali saja, bila terlampau sering akan mengakibatkan metabolisme tubuh tak seimbang

4Kurang cairan

Makanan basah/kaleng memang membantu asupan cairan bagi kucing, namun minum tetap penting. Sehingga pemilik sebaiknya selalu memerhatikan seberapa sering kucing minum, karena tanpa hidrasi yang tepat, kucing dapat berisiko masalah kencing seperti terbentuknya kristal, batu dan penyumbatan. (Baca. “6 cara agar kucing gak malas minum, demi mencegah masalah kesehatan”)

cat drinking water

5Kualitas makanan tak terjaga

Makanan kering memang cukup awet, tetapi dapat kehilangan beberapa nutrisi apabila ditempatkan dalam wadah yang tak kedap udara atau terkena cahaya. Bila telah berubah warna, sebaiknya mengganti dengan makanan baru. Untuk menghindari salah penyimpanan, sebaiknya membeli kemasan kecil sehingga makanan yang belum dibuka akan tetap terjaga kualitasnya.

6Mengabaikan tanda-tanda alergi makanan 

Kucing dapat terlalu peka terhadap protein, karbohidrat dan lainnya. Ditandai dengan rontok bulu berlebihan, masalah kulit, dan lainnya. Bila menemukan hal tersebut, sebaiknya pemilik mengganti jenis makanan atau berkonsultasi pada dokter. Jangan membiarkan kucing terus mengonsumsinya hanya demi menghabiskan stok makanan.

7Memberi makanan mentah

Sebenarnya diperbolehkan untuk kucing mengonsumsi makanan mentah, tapiiii.. yang seperti apa dulu? Karena jika makanan mentah dalam kondisi tak segar, maka akan berpotensi mengandung parasit dan bakteri seperti salmonella dan listeria yang merugikan kesehatan kucing.

8Diet dengan mengurangi makanan

Tidak selamanya pelaku diet harus mengurangi makan, demikian pula pada kucing. Diet semestinya adalah mengubah makanan agar asupan seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Terutama bagi kucing senior yang rentan terhadap penyakit.

cat eating food