Berbeda dengan anjing yang cenderung sangat lahap terhadap makanan, apapun dan dimanapun. Anjing memang tidak terlalu rewel soal makanan. Berbeda dengan kucing. Bagi kucing mood sangat perlu di saat makan, sehingga pemilik tidak bisa langsung berkesimpulan bahwa kucing sakit jika mereka menolak makan, bisa saja si kucing lagi tidak mood.

Hasil gambar untuk cat not eating
Cat Overdose

Kucing lebih suka makan dari mangkok mereka sendiri dan mereka juga menghargai memiliki ruang makan sendiri, jauh dari kucing atau hewan lain yang memungkinkan adanya intimidasi. Banyak kucing juga tidak suka air minum, terlebih litter box, berada di dekat makanan. Hal-hal tersebut dengan mudah dapat mengubah mood kucing, seketika bisa ilfeel dan gak mau makan.

Kucing juga lebih suka makanan pada suhu tubuh, sehingga makanan seenak apapun yang keluar dari kulkas cenderung akan ditolak. Suhu tubuh atau hangat memberikan aroma makanan dan kesegaran bagi kucing. Demikian pula makanan kering yang ‘melempem’ sering menurunkan nafsu makan kucing. Oh ya, bila kucing harus mengonsumsi obat sebaiknya juga tidak dicampurkan ke makanan mereka, kecuali tak mengubah aroma makanan atau malah membantu meningkatkan selera makan.

Hasil gambar untuk cat not eating
catster

Meski kerewelan kucing saat makan dianggap wajar, pemilik tetap harus memperhatikan bahwa keengganan mereka makan bukan datang dari terganggunya kesehatan. Bila dalam 24 jam kucing benar-benar menolak makan dan perilaku mereka menunjukkan kelesuan maka lebih baik mengajak kucing ke dokter. Mengetahui kondisi kucing lebih dini dapat mencegah kemungkinan buruk terhadapnya, bukan?

Hasil gambar untuk cat not eating
cancats