Tidak sembarang susu yang bisa dikonsumsi oleh kucing, salah-salah malah menyebabkan diare. Dan diare pada kucing tak bisa disepelekan, karena mampu menurunkan kondisi tubuh secara cepat apabila tak segera diobati. Wajar bila bebeapa pemilik kucing mengkhawatirkan pemberian susu yogurt pada si pus, alasan utamanya karena yogurt berasa asam. Padahal salah satu penolong saat kucing diare adalah yogurt. Dengan catatan, kondisi diare tidak parah dan pemberian yogurt sesuai takaran.

Yogurt mengandung bakteri hidup yang bermanfaat untuk menyehatkan usus dan probiotik di dalamnya mampu melancarkan pencernaan sehingga pembuangan kotoran lebih optimal. Kondisi pencernaan yang baik secara tidak langsung akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing.

Gunakan yogurt tanpa rasa untuk kucing dewasa berberat badan sekitar 3kg dengan takaran 2.5 ml saja. Jangan terlalu sering, 1-2 minggu sekali pun cukup, setidaknya bisa membantu mereka mengeluarkan bulu-bulu yang tertelan ketika mandi.

 (lihat “Non-chan Kucing Yang Beretika, Makan Yogurt Aja Pake Sendok :D”)

  • Rina Tan

    Halo.. aku punya kucing namanya suneo uda dua hari dia muntah trus dan muntahnya mngeluarkan makanan yg dia makan bbrp jam.. setelah itu dia jd ga nafsu makan, lemes aku ga brniat utk membawanya ke dokter hewan krn aku ga mau dia makan obat2an gtu. So apa yg harus aku lakuin dan penyebab kucing ku sprti itu knp. Thanks

    • Miminku

      Halo juga. Menurut mimin sih sebaiknya Suneo diajak ke dokter, mungkin saja lambungnya gak kuat sehingga harus dibantu dengan obat. Telor+madu mungkin bisa membantu untuk menguatkan fisiknya, namun tetap perlu diketahui penyebab muntahnya agar bisa ditentukan pengobatan yang tepat. GWS, Suneo.

  • Pingback: Demi makan yogurt, sambil berdiri pun si kucing gak masalah - Petnyaku()