Salah satu tingkah aneh kucing yang dipelihara dalam rumah adalah zoomies. Satu istilah dimana si kucing lari mondar mandir ‘gak jelas. Kadang mengejar temannya, atau membuat putaran, menerkam, melompat, menggila! Meski tampak tak beralasan dan tanpa tujuan, kucing sebenarnya memiliki alasan mengapa dia melakukan hal tersebut

1Energi bertumpuk

Kucing rumahan jarang memiliki aktivitas fisik maksimal, sehingga energi yang seharusnya dikeluarkan malah tertumpuk hingga puncaknya terjadi letupan energi secara mendadak. Belum lagi waktu tidur mereka terlalu banyak, atau lingkungan rumah tak mendukung kucing bermain dengan leluasa.

2Aroma hewan lain

Kucing merupakan hewan teritorial yang tak begitu saja menerima hewan lain masuk ke dalam teritorinya, apalagi datang dan pergi. Maka kucing akan memprotes situasi tersebut dengan tindakan tak terduga, atau mengeong keras tanpa henti.

tv cat animals animal cute cat

3Mengejar mangsa

Kucing selalu siaga dalam kondisi apapun, terlebih bila mereka mencium adanya mangsa. Sontak mereka akan mengejar sesuai nalurinya. “Mangsa” kucing, bisa saja serangga atau sesuatu yang kecil tak terlihat mata manusia.

Gambar terkait
nnm.me

4Gigitan kutu

Kutu amat sangat mengganggu kucing, selain membuat kulit gatal berkepanjangan, juga membuat kucing “marah” ketika kutu menggigit. Reaksi kucing begitu responsif, sehingga mereka langsung melonjak dan berlari ke sana kemari.

animals cats crazy cat

5Masalah kesehatan

Hyperesthesia syndrome menjadi salah satu pemicu yang membuat kucing melakukan respon tiba-tiba. Kondisi tersebut menyebabkan kucing merasakan kulit gatal dimana kucing bisa sampai melukai diri sendiri dan bertingkah “aneh” demi membebaskan diri dari rasa gatal. Sebaiknya pemilik membawa kucing ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis..