Sangat sering mendapati anjing menatap pemiliknya. Bukan tatapan agresif, karena pandangan semacam itu biasanya disertai dengan geraman dan gerakan tubuh yang dapat dikenali. Namun tatapan polos dengan mata membulat dan berbinar, seolah ingin mengatakan sesuatu melalui tatapannya.

1. Aku ingin makan!

Saat jam makan atau melihat pemiliknya membawa mangkuk makan, biasanya mereka tak mau melepas padangan dari sang pemilik. Khawatir tiba-tiba sang pemilik lupa memberi makan pada mereka. Lihat saja tatapannya begitu penuh harap.
hungrydog

2. Ayo jalan-jalan!

Bila mereka menatap sambil menghampiri lalu duduk atau sedikit mondar mandir sambil melihat pemiliknya, itu tanda anjing sedang ingin diajak jalan-jalan. Coba saja ambil tali, mimik wajah mereka biasanya langsung berubah gembira.

3. Elus-elus akuuuu

Perhatikan jika anjing mulai merebahkan diri apalagi memperlihatkan perutnya dan mulai menatap pemiliknya dengan lekat, berarti ia sedang meminta dimanjakan. Salah satunya ingin dielus-elus tuh perutnya.. hihi
bellyrub

4. Ayo main!

Ketika melihat anjing berada di dekat mainannya dan menatap maka pemiliknya, maka tatapan itu adalah ajakan untuk bermain bersama. Biasanya sih kalau tidak diladeni mereka akan main sendirian, tapi jangan terlalu sering cuek dengan ajakan mereka. Lama-lama mereka kesal malah jadi nakal lho…
carride

5. Suruh aku! Suruh aku!

Anjing senang mematuhi perintah, sehingga ada saatnya mereka ingin diperintah. Meski perintah yang paling mereka sukai adalah mengejar atau menangkap bola. Ketika ingin disuruh oleh pemiliknya anjing akan bersikap siaga, walaupun dalam posisi duduk. Mereka akan langsung melakukan segala yang diperintahkan dengan semangat.
fetch

6. Aku mau bobo

Ketika tiba saatnya tidur dan biasanya sih mereka sudah dalam posisi berbaring, anjing akan menatap pemiliknya dan berharap sang pemilik membalas tatapan itu sebagai ucapan selamat tidur. So sweet yaa… tidur aja pake pamitan 🙂
pominbed

7. Nih, ada aku!

Tatapan yang mengartikan bahwa anjing tahu suasana hati pemiliknya. Saat dilanda stres dan kesedihan, mereka akan menatap jenaka dengan maksud menghibur dan menyatakan bahwa mereka selalu ada untuk menemani.
yoga

8. Aku gak enak badan… 🙁

Perhatikan bila anjing tampak lesu dari biasanya, lalu mereka memberikan tatapan sayu, saat itu mereka sedang memberitahu bahwa mereka merasa tidak sehat.
sickdog

9. Hmm aku mencium sesuatu yang berbeda…

Pernah melihat anjing mengendus lalu bergerak menjauh dalam jarak tertentu sambil memandangi pemiliknya? Mereka mencium sesuatu yang berbeda dari biasanya, sehingga menjaga jarak karena tak mengenali bau tersebut. Bisa jadi sang pemilik sehabis bermain dengan anjing tetangga, atau berada di luar rumah seharian, maka anjing tak menyukai bau yang mereka cium.
badsmell

10. I love you

Ini yang paling sering dinyatakan oleh anjing melalui tatapan mereka. Lihat saja raut wajah mereka yang ceria dan jenaka, anjing begitu gembira dengan perasaannya sebagai anjing peliharaan dari seorang pemilik yang baik hati.
doglove