Penciuman anjing sangat menakjubkan, bukan? Bahkan warna bisa tercium oleh mereka! Banyak aroma lain yang mampu dicium oleh anjing, bahkan hingga jutaan aroma. Dan kemampuan tersebut tak dimiliki manusia.

1Warna

Salah satu alasan kebutaan tak terlalu berpengaruh pada anjing selama mereka masih memiliki penciuman dan pendengaran yang sempurna. Anjing mampu membedakan warna tanpa harus melihat, melalui indera penciuman gelombang warna dikirimkan ke otak sehingga anjing dapat mengidentifikasinya dengan mudah.

2Kanker

Sel-sel kanker memiliki bau khas dapat diidentifikasi dari penciuman anjing yang super sensitif, terutama kanker paru-paru dan kanker payudara, cukup dengan mengendus napas penderita. Kini sekelompok anjing telah dilatih untuk mengendus napas orang lain guna mendeteksi gejala kanker secara dini.

3Hama rumah

Sejenis serangga kecil yang tak tampak mata, biasanya bersarang di tempat tidur atau sofa, dapat diketahui melalui penciuman anjing dengan tingkat akurasi 96% kebenarannya.

Bedbug Beagle

4Diabetes

Hanya dengan mengendus, seekor anjing mengetahui kenaikan kadar gula di tubuh seseorang. Anjing bahkan bisa memprediksi kemungkinan terjadinya kejang. Bagi anjing yang telah terlatih, mereka akan mencari insulin untuk menolong orang tersebut.

5DVD bajakan

Anjing dapat mendeteksi polycarbonate yang merupakan komponen inti dari pembuatan DVD, sehingga mereka mampu mengindentifikasi terjadinya pemalsuan tanpa harus mengecek ribuan tumpukan DVD bajakan yang luas beredar. Bahkan pembajak di Malaysia pernah menawarkan 30.000 dolar untuk setiap anjing pelacak yang terbunuh.

Dogs detecting DVDs

6Emosi manusia

Dengan mencium aroma seseorang, anjing mampu mengetahui keadaan emosi orang tersebut. Dimana seorang psikolog harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengetahuinya. Aroma emosi berbeda-beda, sehingga anjing terkadang memunculkan empati atau bahkan menjauh saat menanggapi emosi seseorang

7Mengetahui manusia tenggelam

Aroma tubuh manusia, dalam keadaan hidup ataupun meninggal, saat tenggelam akan terbawa oleh arus air dan dilepaskan ke udara. Sehingga memudahkan anjing mengetahui, serta menemukan titik lokasi. Banyak pantai di Amerika mempekerjakan anjing sebagai petugas pantai, dan kepolisian pun selalu mengajak anjing guna menemukan serta mengevakuasi korban di laut.

Dog detecting drowned bodies

8Bom dan senjata

Sejak di perang Vietnam dahulu, anjing menjadi anggota pasukan guna mendeteksi bahaya. Tak hanya dapat menemukan musuh, namun anjing mampu mengetahui aroma senjata, bom, jebakan, ranjau, juga terowongan. Saat ini anjing banyak bertugas di bandara untuk mencegah aksi terorisme.

9Listrik

Tak hanya suara petir yang menakutkan bagi anjing, tetapi anjing mampu mengendus tekanan udara dan mengidentifikasi kilatan listrik yang terjadi di langit, sehingga mereka panik mencari tempat berlindung. Demikian pula dengan perubahan tegangan listrik dalam rumah sering diantisipasi anjing untuk menyelamatkan pemilik mereka dari musibah kebakaran.

10Bakteri

Di tahun 1970-an, peternak lebah di Amerika telah mempekerjakan anjing untuk mengendus sarang lebah yang terinfeksi oleh bakteri. Anjing mampu mendeteksi 100 koloni lebah dalam 30 menit, sementara manusia melakukannya selama 2 hari.

Dog detecting diseased beehives