Sangat wajar bila kucing liar takut dihampiri manusia, karena bisa jadi mereka jarang berinteraksi dengan manusia dan hidup dalam kewaspadaan tinggi. Tapi kucing rumahan tak semestinya demikian, kecuali sang pemilik gagal melatihnya menjadi kucing yang ramah.
1. Sering-sering mengenalkannya kucing dengan orang lain
Bisa dengan mengajak tetangga atau teman berkunjung ke rumah, atau sekedar mengajak pengantar koran atau pedagang keliling mengobrol. Maka kucing akan belajar untuk percaya orang-orang selain keluarganya bukanlah sosok yang pantas dicurigai
2. Buat ruang menerima tamu menjadi nyaman untuk kucing
Misalnya dengan menempatkan mainan tinggi di tempat dimana tamu akan berada di sana, sehingga ia bisa mengamati situasi dari tempat tersebut dan merasa aman. Hindari interaksi spontan yang membuat kucing malah semakin takut, anggap saja si kucing tak berada di sana.
3. Jangan memaksa kucing untuk berkenalan
Bila kucing merasa nyaman, dengan sendirinya ia akan berjalan mendekati atau mondar mandir sekehendak hati. Malah untuk kucing yang pede, ia bisa ikut nimbrung dengan tamu. Tetapi jika mereka penakut, jangan paksa keluar dari persembunyiannya. Biarkan dia berkenalan dengan sendirinya dan alami.
4. Membiasakan kucing mendengar suara manusia
Boleh dengan memutar lagu atau film dimana ada semacam percakapan di dalamnya, biarkan mereka belajar memercayai bahwa manusia bukanlah mahluk yang akan menyakitinya. Semakin sering mereka mendengar suara orang lain dan tak mengubah keadaan apapun, maka mereka akan mengerti bahwa orang lain bukanlah sosok yang perlu dicurigai berlebihan.
5. Ajarkan keberanian pada kucing melalui permainan
Rasa penasaran kucing sangat besar, bila biasanya bermain dengannya dengan memberi bola atau tali yang bisa dia tangkap, cobalah menggerakkan mainan lain dari tempat menerima tamu. Meski bersembunyi, kucing akan tetap mengawasi orang yang datang, dan mainan yang digerakan akan membuat mereka penasaran untuk mendekat. Sekaligus menjadi pengalihan fokus ketakutannya, menjadi keberanian.