Terlebih minum obat. Banyak anjing menghindarinya karena rasa obat sungguh tidak enak. Jangankan bagi anjing, manusia saja terkadang enggan minum obat kan? Sayangnya anjing tidak cukup mengerti bahwa obat akan membuat mereka sembuh, sehingga mereka cenderung menghindar saat diberi atau bahkan marah. Grr…

Image result for dog don't like bath

Baik minum obat, mandi, ataupun potong kuku merupakan hal yang sensitif bagi sebagian anjing. Ada juga sih anjing yang melakukan ketiga kegiatan itu dengan suka cita. Sayangnya, pemilik sering kali memaksa anjing untuk mau melakukan ketiganya demi kebaikan mereka. Tanpa menyadari bahwa “pemaksaan” malah membuat anjing semakin ingin menghindari, semakin stress, dan parahnya malah memicu perilaku agresif mereka.

Paling mudah meminumkan obat anjing adalah dengan menaruh obat di pangkal lidah, di dekat tenggorokan, lalu menutup mulut anjing, dimana anjing akan otomatis menelan saat mulut ditutup. Tetapi bila anjing sudah pernah mendapat perlakuan tersebut dan tak disukainya, maka ia akan melakukan preventif mengatupkan mulut dengan rapat. Sehingga cara yang mudah dan efektif itu, tidak lagi menjadi cara yang tepat bagi anjing.

Image result for give pills to dog
The Spruce

Anjing sebenarnya mudah melupakan rasa pahit akan obat, bila pemilik tak mengajak “otak” anjing terfokus pada pemberian obat. Jadi jangan jadikan pemberian obat sebagai suatu ritual, agar anjing tidak bersiap untuk menghindarinya. Misal dengan memberinya cemilan lalu selipkan obat yang telah “dibungkus” makanan di antara cemilan tersebut, lalukan dengan tenang dan sikap yang biasa saja supaya anjing tidak mengantisipasi.

Demikian pula halnya dengan mandi dan potong kuku. Kenalkan anjing dengan air sampai ia tak menjauhi. Sentuhkan air ke bagian kaki atau tubuhnya sedikit saja, Seperti gunting kuku yang didekatkan pada anjing agar ia bisa mengendus dan mengenalinya sebagai alat yang tak berbahaya. Bersikaplah biasa dan ajak anjing bicara dengan suara menyenangkan agar anjing tidak “menangkap” situasi tersebut sebagai sebuah ancaman untuknya.

Image result for dog grooming nails
DIY Dog Grooming

Anjing akan takut melakukan tiga kegiatan tersebut apabila mereka telah memiliki pengalaman buruk saat melakukannya. Namun bukan hal yang tidak mungkin “menyembuhkan” anjing dari ketakutannya. Segala pengalaman buruk akan terlupakan apabila tergantikan oleh pengalaman baru yang menyenangkan. Manusia juga begitu, bukan?