Banyak pemilik anjing mengeluhkan peliharaan mereka menolak mengenakan leash atau tali kekang ketika diajak berjalan-jalan. Bahkan ada anjing yang malah “melawan”, sehingga terjadi ‘tarik-menarik’ antara anjing dan pemiliknya. Gara-gara tali, hubungan antara pemilik dan anjing menjadi tidak harmonis. Padahal maklumi saja anjing ‘menolak’ mengenakan tali, karena sejak lahir tak satu anjing pun yang mengenal tali.

Hasil gambar untuk dog walk leash
Lawteched

Kenalkan dan biasakan
Pertama yang harus dilakukan pemilik pada anjing adalah mengenalkan tali kekang. Anjing harus mengetahui bahwa tali bukanlah benda yang membahayakan bagi mereka, justru sebaliknya tali sangat menyenangkan. Jadi jangan pernah mengalungkan tali pada anjing dengan paksaan. Saat anjing mengerti tali adalah benda aman, mereka tak akan keberatan kok untuk memakainya. Setelah itu, kenalkan fungsi tali agar anjing belajar beradaptasi. Jangan menarik tali dengan memaksa, tarik secukupnya saja agar anjing tahu bahwa fungsi tali adalah alat bantu navigasi bagi sang pemilik. Lakukan beberapa kali sampai anjing terbiasa.

Hasil gambar untuk dog walk leash
Your Dog’s Friend

Mengatur keseimbangan
Anjing yang belum biasa diajak berjalan dengan tali akan sulit fokus dan menyesuaikan langkah dengan pemiliknya. Mereka biasanya akan berjalan lebih cepat atau bahkan langsung berlari sehingga pemilik tergopoh-gopoh. Padahal tali merupakan alat bantu navigasi sang pemilik untuk menentukan arah pada anjing, bukan anjing yang malah menjadi navigator. Atur keseimbangan langkah agar anjing tak terlalu cepat ataupun lambat. Usahakan tali dalam kondisi renggang, hindari menyeret anjing atau terseret olehnya. Lama kelamaan anjing akan mengerti untuk berjalan seiring dan terfokus, bahkan tidak tergoda mengejar bila ada kucing dan hewan lain yang menarik hati mereka.

Hasil gambar untuk dog walk leash
dogtime.com

Santai
Setiap pemilik mempunyai ikatan istimewa dengan peliharaannya, maka gunakan insting tersebut untuk melatih mereka. Dengan demikian pemilik tidak cepat gusar dan mampu selalu sabar bila anjing belum dapat menyesuaikan diri dengan talinya. Ajak anjing berjalan-jalan dengan perasaan santai dan senang, anjing akan menangkap aura tersebut sehingga mereka lebih tenang dan kalem. Karena anjing biasanya akan gembira berlebihan saat diajak keluar rumah yang membuat mereka berada di luar kendali sang pemilik. Meski jenis tali kekang anjing cukup beragam, namun semua berfungsi sama. Bukan untuk mengekang, melainkan menjadi ikatan yang semakin mendekatkan pemilik dan peliharaan. Woof! Woof!

Hasil gambar untuk dog walk leash
drsophiayin.com