Serba salah juga membelikan mainan untuk anjing. Ada yang bisa awet, tapi anjing gak begitu suka. Ada yang anjing suka banget, tapi malah dirusak oleh mereka. Gimana dong? Langka deh kayaknya anjing bisa “merawat” bonekanya tetap utuh dan bertahan lama, bahkan sepanjang umur mereka.

Here’s Why Your Dog Will Love Their Favorite Toy To Death

Para peneliti University of Bristol mencoba mengungkap cara pandang anjing terhadap mainan. Dari penelitian ditemukan bahwa anjing ternyata lebih suka mainan dengan umur yang sangat pendek. Dengan kata lain, mainan yang mereka dapat obrak-abrik beberapa jam, atau bahkan menit! Waduh kenyataan yang pahit bagi para pemilik anjing tuh, karena tak bisa memarahi anjing bila mereka merusak mainan yang baru saja dibelikan.

Screen Shot 2016-04-11 at 11
Source: @benny_loveydoodle / Instagram

Alasan anjing mengoyak mainan adalah mereka senang bermain menjadi “serigala” pemangsa, sebagaimana naluri mereka. Dimana mereka akan memburu mangsa, menerkam, lalu mengoyaknya. Bila target telah terkoyak dan tercerai berai, anjing akan merasa puas tiada tara. Tapi di sisi lain membuat pemilik anjing mengelus dada karena mainan tersebut baru saja dibeli, dan harganya pun tak murah.

Screen Shot 2016-04-11 at 12
Source: @jumeethedog / Instagram

Apalagi mainan yang mengeluarkan suara dan ‘memberi’ tantangan untuk dikoyak. Wah, anjing akan suka sekali! Mainan berbahan lembut, lunak ataupun kenyal bagai karet memancing naluri anjing sebagai pemangsa.

Screen Shot 2016-04-11 at 12
Source: @ june_and_cash / Instagram

Tidak mungkin kan terus menerus membeli mainan demi memuaskan kegembiraan anjing? Maka produsen mainan anjing membuat mainan tahan lama yang bisa disenangi anjing apabila sang pemilik ikut bermain bersama mereka. Misalnya permainan tali, dimana sang pemilik bisa sesekali ikut bermain dengan tarik menarik seakan ikut “berburu” bersama anjing. Mainan tersebut tak mudah rusak. Namun jika didiamkan saja, maka anjing akan cepat bosan. Demikian pula bila membelikan bola namun tak mengajaknya bermain, ketertarikan anjing terhadap mainan tersebut akan berkurang.

Screen Shot 2016-04-11 at 12
Source: @littlemrmusse / Instagram

Mengenalkan mainan-mainan dengan melibatkan diri bermain dengan mereka akan membuat anjing mengerti bahwa mainan bukanlah “mangsa” yang harus selalu dikoyak dan dihancurkan. Anjing bisa mengenali mainan adalah mainan, bukan mangsa. Sehingga mereka “merawatnya” dan mainan akan tahan lama. Meski suatu hari mereka memiliki mainan yang mudah dihancurkan sekalipun. Satu hal lagi, pemilik anjing pun bisa lebih berhemat untuk membelikan mainan 🙂

Screen Shot 2016-04-11 at 12
Source: @elainepei / Instagram