Masa kecil Kristina Millman-Rinaldi tidaklah menyenangkan. Ia menjadi korban kekerasan. Namun Kristina justru menjadi sosok penyayang ketika ia tumbuh dewasa. Ia tidak ingin orang lain bernasib sama sepertinya, atau mengalami trauma tak terselesaikan, termasuk pada hewan. Maka Kristina mendirikan organisasi penyelamat anjing bernama Detroit Dog Rescue (DDR), dimana ia mendapati banyak sekali anjing dengan masa lalu menyakitkan. Baik mengalami kekerasan, pengabaian, maupun kesepian. Salah satunya adalah seekor anjing bernama Epic.

Saat tiba di penampungan, Epic sangat ketakutan. Ia juga memiliki luka terbuka di leher akibat jeratan rantai. Hal pertama yang harus dilalui Epic, juga anjing lainnya yang masuk penampungan adalah mandi. Tentu tidak mudah. Banyak anjing belum pernah mandi seumur hidupnya, apalagi di tengah orang-orang yang belum mereka kenal. Namun Kristina sangat mengerti perasaan tersebut, dimana dahulu ia pun begitu sulit mendapatkan kenyamanan. Yang terpenting bagi mereka adalah merasa nyaman, dan selai kacang mampu memberikan rasa itu pada para anjing.

peanut butter dog bath
Detroit Dog Rescue

Ya, mengalihkan perhatian sangatlah penting agar anjing mau melakukan suatu kegiatan. Apabila anjing masih terfokus pada trauma atau ketakutan terhadap air, maupun suatu hal lain, maka anjing sangat sulit bertindak kooperatif. Anjing juga tidak mengerti kata-kata bujukan dan senyuman. Jadi percuma melakukan semua itu. Makanan atau mainan dapat menjadi solusi terbaik agar anjing bisa melakukan hal yang semula ia takutkan. Selanjutnya, anjing tentu akan gembira saat waktunya mandi.

dog licks peanut butter in bath
Detroit Dog Rescue

Epic mendapatkan olesan selai kacang di bak mandinya, sehingga saat dimandikan, Epic justru asik menikmati selai kacang. Ia nyaris lupa bahwa ia takut mandi dan cemas berada di sekitar orang-orang baru. Kristina bahkan menyebut momen mandi tersebut “Peanut Butter Bath Time”. Tak satupun anjing yang berhasil ia selamatkan menolak untuk mandi, berkat selai kacang.

dog licks peanut butter in bath
Detroit Dog Rescue

Tidak harus selai kacang sih, setiap anjing mungkin punya makanan favorit sendiri yang bisa mengalihkan perhatian agar mereka tidak fokus pada perasaan takut atau cemas. Bahkan Kristina sendiri menyatakan dirinya berhasil move on dari masa lalu dengan hidup berfokus pada kegiatan yang penuh kasih sayang.

dog licks peanut butter in bath
Detroit Dog Rescue