Setiap kucing memiliki jangka waktu bervariasi untuk tidur. Tergantung pada usia, kepribadian dan kondisi kesehatan si kucing. Secara rata-rata, kucing menghabiskan 13 sampai 16 jam sehari untuk tidur. Itu tidak termasuk saat mereka terkantuk-kantuk atau bermalas-malasan. Kucing rumahan cenderung lebih banyak tidur, karena terbentuk pola kebiasaan tidak perlu berburu. Ketersediaan makanan terjamin. Selain itu, kondisi rumah tidak terlalu menantang kucing untuk aktif beraktivitas.

Image result for cat sleep
PetBucket

Meski demikian naluri mereka sebagai predator tidaklah hilang. Kucing bersifat krepuscular atau aktif di waktu senja dan dini hari. Dimana waktu tersebut diisi kegiatan berburu yang aman karena didukung kegelapan, sementara siang hari digunakan untuk tidur atau biasa disebut catnap.

Image result for cat sleep
wlpapers.com

Asupan makanan juga berperan dalam mengatur pola tidur kucing. Ketika makanan kucing mengandung protein yang cukup tinggi, kucing tidak perlu banyak waktu untuk melakukan menyerap makanan dalam tubuh. Sehingga mereka lebih memiliki banyak waktu luang, bila tidak tertarik bermain maka kucing akan menggunakan waktunya untuk tidur. Berbeda dengan hewan herbivora yang memerlukan waktu lama untuk mencerna dan menyerap makanan dalam tubuh.

Gambar terkait
EskiPaper.com

Saat kucing sedang dalam kondisi tidur nyenyak, sebaiknya ia tidak terganggu sama sekali. Karena tubuh kucing sedang melakukan perbaikan dan regenerasi sel. Tubuh kucing juga tengah menguatkan diri dan merevitalisasi. Pada anak kucing kegiatan tidur merupakan tahapan membangun otot dan tulang mereka, serta memaksimalkan sistem kekebalan tubuh.

Image result for cat sleep
petsmagazine.com.sg

Hal tersebut secara tidak langsung menjadi jawaban atas pertanyaan, mengapa umur kucing liar lebih pendek dibanding kucing peliharaan? Diantara banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satu yang jarang sekali didapat oleh kucing liar adalah tidur nyenyak. Kucing liar harus selalu waspada, sehingga mereka tidak bisa benar-benar tertidur. Terlebih bila terjadi sesuatu yang mengagetkan, maka proses “kerja” dalam tubuhnya terhenti dan akan berlanjut bila si kucing mendapatkan kesempatan untuk kembali tertidur nyenyak. Kasihan kan… Betapa berharganya tidur nyenyak, buat manusia juga seperti itu ‘kan? 😉

Image result for cat sleep