Kucing merupakan salah satu hewan yang penuh misteri, gak gampang ditebak. Maka gak aneh juga sebenarnya kalau mereka menyimpan rahasia, dimana sang pemilik biasanya gagal menyadari atau mengetahuinya.

1Kucing adalah “boss” dalam berhubungan dengan manusia

Merasa memelihara kucing? Salah. Kucing tak pernah merasa diri mereka dipelihara, mereka justru merasa bahwa merekalah pengendali hubungan (baca “Dalam hubungan kucing dan pemiliknya, siapakah yang memegang kendali? Stt… Kucing!”). Perasaan semacam itu sudah melekat pada diri kucing sejak 20.000 tahun yang lalu, dimana mereka adalah hewan bebas dan bergantung pada diri sendiri. Sifat tersebut tetap menjadi karakter kucing hingga saat ini.

2Kunci kepribadian kucing ada di usia 3-7 minggu

Menurut penelitian yang dilakukan Temple University oleh peneliti Eileen Karsh di tahun 1980-an, tidak ditemukan perbedaan genetik antara kucing liar dan kucing rumahan. Artinya kucing rumah pun tetap membawa sifat kucing luaran, diantaranya ingin hidup bebas dan harus beradaptasi dengan manusia. Kucing berusia 3-7 minggu lebih mudah untuk dibentuk kepribadiannya menjadi kucing ramah dan akrab dengan rumah, sementara kucing yang berumur lebih dari usia tersebut akan lebih lama membangun persahabatan dengan manusia.

3Kepribadian kucing lebih mudah dibentuk oleh “ayah”

Ternyata figur “ayah” memegang peranan penting dalam pembentukan pribadi kucing, hal tersebut tertulis dalam “Applied Animal Behavior Science” tahun 1995. Para peneliti menemukan kesamaan pribadi yang dihasilkan dari anak-anak kucing yang dibesarkan oleh kucing ‘tomcat’, dan pria dewasa. Dibanding dengan wanita sebagai “ibu” mereka. Rupanya kucing sangat meneladani sosok “ayah” sehingga memberi pengaruh sangat kuat dalam kehidupan mereka.

4Kucing berwajah cemberut lebih ramah

Terlebih kucing tanpa bulu, sphynx, meski wajah mereka menyeramkan namun menurut penelitian yang terdapat di Journal of Veterinary Behavior.tahun 2012, justru mereka sangatlah ramah dan senang berada dekat dengan manusia. Sementara kucing campuran atau mongrel ternyata adalah kucing paling tidak ramah dan bukan tipe penurut, meski tidak mutlak karena tergantung pula dengan pola didikan pemilik terhadap mereka.

5Kucing dapat menjadi individualistis dan egois

Kebanyakan kucing yang hanya sendirian di rumah akan memiliki individualisme dan egoisme yang tinggi. Diantaranya akan sulit beradaptasi bila mereka harus berbagi ruang dengan kucing lain, kecuali anak kucing. Termasuk juga bersahabat dengan hewan lain, kecuali dengan pemiliknya. Kasihan jika nantinya mereka sulit untuk bersosialisasi, atau jika memang tak mungkin memelihara lebih dari satu kucing, maka sering-seringlah mengajaknya berkenalan dengan kucing tetangga misalnya. Atau menjadi foster bagi kucing lain, mengapa tidak? 😉