Bila anjing menghampiri dengan menyodorkan hidung, biasanya mereka bermaksud menyapa pemilik atau seseorang yang dekat. Sapaan tersebut menyatakan juga betapa senangnya mereka bertemu. Namun tak hanya hidung, terkadang anjing juga menyundulkan kepala dengan lembut untuk menyatakan hal yang sama. Selain menyapa, menyundulkan kepala juga memiliki makna lain.

Dominasi

Bila sundulan kepala mereka menyerupai dorongan dan terasa berlebihan, artinya anjing melakukan dominasi terhadap anjing lain atau pada seseorang yang dianggapnya lemah. Ia merasa menjadi pemimpin dan kurang menghargai pemilik. Melatih dan mendisiplinkan anjing dapat membuat mereka mengetahui siapa pemimpin sebenarnya yang harus mereka dihormati.

Persahabatan

Biasanya anjing akan menyundul di bagian wajah pada anjing lain, lalu diikuti dengan beberapa jilatan sebagai pernyataan persahabatan. Perilaku tersebut mereka lakukan juga pada manusia untuk menyatakan hal serupa.

Darcy and Benji

Meminta perhatian

Seperti halnya anak-anak menarik-narik baju orang tuanya ketika memiliki keinginan untuk diperhatikan, anjing melakukannya dengan cara menyundulkan kepala. Sebenarnya pemilik akan mengetahui maksud tersebut bila minim berinteraksi dengan anjingnya.

Meminta makanan

Meski tahu belum waktunya makan, namun anjing kadang merasa lapar dan meminta makanan pada pemiliknya dengan cara menyundulkan kepala mereka. Tak jarang mereka melakukan hal itu pada sesama anjing, namun lebih sering dengan menyodorkan hidung. Menurut tulisan Dr. Stanley Coren di Psychology Today, anjing mencium napas anjing lainnya untuk mengetahui makanan apa yang baru dimakan oleh sahabatnya. Terkadang dengan membaui seperti itu sudah cukup memuaskan bagi anjing.