Kesetiaan anjing tidak hanya diwujudkan dengan menunggui pemiliknya, atau setia mengikuti kemana-mana. Namun anjing juga melakukan kewaspadaan dalam menjaga keamanan sang pemilik. Diantaranya, berusaha mengenali orang-orang yang berhubungan pemiliknya. Maka janganlah heran, bila anjing selalu ingin mengendus kerabat atau teman, atau siapapun yang datang ke rumah.

Image result for dog sniffing hand
eileenanddogs.com

Mengendus adalah cara anjing mengidentifikasi aroma orang yang baru dikenalnya, demi menghindari ancaman yang mungkin membahayakan sang pemilik dari orang tersebut. Anjing memiliki penciuman yang sangat tajam, dimana melalui penelitian diketahui anjing dapat mengenali tingkat “kedekatan” seseorang dengan pemiliknya hanya melalui paparan aroma saja. Insting mereka menjaga sang pemilik sangatlah tinggi, sehingga mereka sangat berhati-hati “menyortir” orang-orang yang berhubungan dengan manusia yang dicintai oleh mereka.

Kebanyakan anjing kecewa bila sang pemilik melarang mereka untuk mengendus orang-orang baru. Meski mereka tetap saja mati-matian berusaha melakukannya dengan mengendus-endus dari jarak jauh. Mereka sunguh tak ingin hal buruk menimpa pemiliknya.

Image result for dog smelling people
dallasartsrevue.com

Setelah mengendus dan berhasil mengindetifikasi obyek, biasanya anjing akan mengambil sikap. Setiap anjing akan merespon kehadiran orang tersebut berbeda-beda ketika mereka menemukan kecurigaan terhadapnya. Ada yang menggonggong tak henti, berpatroli di sekitar lokasi, bersembunyi dibalik kaki pemilik, bahkan ada pula yang menyerang. Namun anjing dengan emosi stabil akan mengambil sikap tenang dan menempatkan diri tak jauh dari pemiliknya dengan sikap waspada. Mereka berjaga-jaga untuk sigap bertindak bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

fsylb.com

Dibandingkan kucing atau kuda, dalam penelitian disebutkan bahwa anjing adalah satu-satunya hewan yang sangat menjungjung tinggi serta menghargai pemiliknya. Bagi anjing, peran pemilik sangatlah penting. Salah satu contoh terlihat jelas ketika anjing ketakutan, mereka akan bersembunyi dibalik kaki sang pemilik. Sementara kucing atau kuda akan berlari ke sembarang arah untuk bersembunyi.