Bila memperhatikan video-video anjing yang bertajuk “guilty dog” atau anjing yang merasa bersalah, tampak anjing tak berani menatap sang pemilik saat dimarahi. Iya kan? Kebanyakan terang-terangan mengalihkan pandangan, bahkan ada pula yang memilih pergi. Apa anjing cuek ketika dimarahi? Ternyata menurut peneitian dari University of Helsinki di Finlandia, anjing sangat tahu dan mengerti ketika dimarahi. Mereka bukan cuek bila berlaku seolah tak sopan seperti itu, tapi memang begitu cara anjing merespon amarah sang pemilik padanya.

guilty-dog-shaming-destroy-socks-daisy-13

Hasil gambar untuk guilty dog
viral dog

Dari penelitian tersebut juga terungkap bahwa anjing dapat mengetahui ekspresi manusia melalui cara mereka melihat. Contohnya seperti tadi, bila ia tahu pemiliknya marah maka anjing akan mengalihkan pandangan. Bila terus menatap pemilik, artinya anjing merasa bahwa sang pemilik tidak sedang marah. Hal yang dilihat anjing pertama kali dari wajah manusia adalah daerah sekitar mata, dari situ anjing menyimpulkan emosi manusia untuk kemudian direspon sesuai dengan “sinyal” yang mereka terima.

Hasil gambar untuk guilty dog
dogtime.com

Setiap kali anjing menangkap “sinyal” ancaman dari manusia, berupa kemarahan, kekesalan atau energi negatif lainnya, anjing tidak akan menatap mata manusia tersebut. Mereka memilih menghindari kontak mata dengan mengalihkan pandangan, atau bila terpaksa mereka akan menatap daerah bawah wajah manusia yakni hidung dan mulut. Dalam dunia anjing, merespon tatapan ancaman dengan pandangan mata sejurus, sama saja dengan membuka “tantangan” untuk berduel. Anjing cenderung untuk tidak meladeni tatapan seperti itu. Anjing bukanlah hewan yang senang bertengkar atau berkelahi, mereka memilih pergi dari situasi yang tidak kondusif.

guilty dogs

Anjing juga bukan hewan yang gampang dibohongi oleh mata. Mereka tahu jika pemiliknya marah pura-pura atau betulan. Respon anjing akan berbeda. Anjing tidaklah tahu tindakan mereka benar atau salah, selain melihat sang pemilik sebagai indikatornya. Itu sebabnya memarahi anjing tidak pernah membuat mereka paham akan kesalahan, melainkan hanya membuat mereka takut pada pemiliknya.

Baca juga. Banyak orang salah sangka dengan wajah bersalah anjing

14
theloudlaugh.com