Mengapa pemilik kerap menepuk kepala anjing atau membelai kepalanya? Jelas saja karena sayang. Tetapi apakah anjing mampu menerjemahkan perlakuan tersebut sebagai ungkapan sayang dari sang pemilik? Ternyata tidak.

Menepuk dan membelai kepala menjadi tradisi manusia untuk mengungkapkan kasih sayang, karena sejak kecil setiap ibu selalu membelai lembut rambut anaknya, mencium bagian kepala dengan rasa cinta. Dari situ manusia terbiasa dengan perlakuan tersebut, lalu mereka memperlakukan hal serupa pada anjing seperti seorang ibu pada anaknya. Padahal induk anjing tak melakukan hal itu pada anak-anaknya, sehingga anjing tidak menangkap perlakuan tersebut sebagai kasih sayang.

Related image
hondenkataandezaan.nl

Pada dasarnya anjing tidak memperbolehkan siapapun untuk menyentuh area sekitar wajah. Mata, moncong, hidung, telinga, serta kepala. Area tersebut dianggap vital bagi anjing untuk dilindungi. Meski ada pula anjing yang bisa menerima perlakuan tersebut dari orang terdekatnya.

Gerakan tangan mengarah ke kepala anjing juga bisa diidentifikasi anjing sebagai suatu serangan, karena anjing tak dapat melihat bagian atas kepala maka secara reflek mereka akan melindungi bagian tubuh tersebut. Demikian pula dengan bagian perut dan punggung. Sebaiknya tidak menyentuh bagian-bagian tersebut pada anjing yang tak dikenal, karena mereka bisa salah menafsirkan.

Image result for pet dogs head
Pets4Homes

Adapun anjing yang telah berhubungan lama dengan manusia, biasanya cukup mengerti jika gerakan tersebut tidak membahayakan. Hal itu dipicu dari kebiasaan yang mereka terima dari sang pemilik. Namun perhatikan juga ekspresi anjing ketika mereka disentuh, bila anjing tampak mengecap lidah berkali-kali dengan wajah tak tenang, artinya anjing tak merasa nyaman dengan sentuhan.

Memang bukan suatu yang absolut tentang area yang dinikmati anjing saat disentuh. Meski disebutkan bagian dada, bahu, pangkal ekor, dagu, pangkal dan belakang leher merupakan bagian yang menjadi favorit anjing untuk disentuh. Banyak pula anjing yang tak ingin menerima sentuhan di daerah “umum”, atau justru anjing dapat menyukai belaian dan sentuhan di daerah “tak umum” seperti kepala dan wajah. Sebaiknya pemilik mencermati respon anjing saat disentuh, misalnya dengan menyentuh bagian tertentu lalu hentikan dan lihat respon anjing melalui ekspresi wajahnya.

Anjing adalah hewan yang responsif. Bila ia bisa menyukai suatu sentuhan di daerah tertentu, maka ia akan “minta” untuk kembali disentuh tanpa sungkan.

  • Somuch LOVE

    Anjing ku mau tuh, ga marah ato kesel mungkin krn udah kbiasaan kali ya