Banyak video lucu yang menggambarkan tingkah anjing saat bercermin. Betapa mereka tampak bingung melihat sosoknya sendiri. Apakah anjing dapat mengenai diri mereka di depan cermin? Pertanyaan tersebut ternyata menggelitik para peneliti anjing untuk mengetahui “apa” yang sebenarnya dilihat anjing saat melihat sosok mereka sendiri di cermin. Liz Stelow dari University of California menyatakan bahwa anjing terlahir sebagai makhluk yang cerdas. Mereka mampu beradapatasi dengan cepat layaknya manusia, namun anjing tidak memiliki perkembangan kognitif. Yakni kemampuan berpikir yang mencakup kemampuan intelektual sederhana, seperti mengingat dan menganalisa ide, gagasan, metode atau prosedur untuk memecahkan masalah.

Hasil gambar untuk dogs mirror
youtube

Seorang psikolog hewan dari Hunter Collage, New York, Diana Reiss, menambahkan bahwa mengenali diri sendiri secara visual bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan integrasi informasi tentang diri dan gerakan, serta hal-hal yang tampak. Bahkan bayi saja memerlukan waktu 18 sampai 24 bulan untuk benar-benar mengenali segala sesuatu yang tampak di depan cermin.

Hasil gambar untuk dogs mirror
TheFW

Satu hal lagi, anjing berkomunikasi mengandalkan aroma dan bau dengan menggunakan indera penciuman. Dengan demikian, penciuman menjadi lebih penting bagi anjing dibanding visual. Dengan kata lain, anjing tetap dapat melihat sosok mereka di depan cermin namun mereka tak bisa mengenali bahwa obyek tersebut adalah diri mereka sendiri. Maka sering kali anjing akan mendekati cermin lalu mengendus demi mendapatkan informasi akan obyek yang mereka lihat, namun tentu saja mereka hanya memperoleh aroma cermin. Bukan aroma seekor anjing lucu yang sedang bercermin 🙂

Hasil gambar untuk dogs mirror
3MillionDogs