Beberapa waktu lalu sebuah video unggahan akun facebook Pirat Naunkham berkembang viral. Video tersebut menunjukkan dua ekor anjing di sisi jalan yang sedang berkelahi, hingga memacetkan jalan dan membentuk kerumunan orang. Ada yang mengatakan kedua anjing itu sedang birahi, namun lainnya mensinyalir perkelahian anjing akibat agresivitas. Namun apapun latar belakangnya, ternyata dari banyaknya orang yang berada di lokasi kejadian, tak seorangpun yang mampu melerai mereka berkelahi.

dogfight2Capture

Bukan karena tidak memiliki niat memisahkan kedua anjing yang terlihat ganas dan saling menggigit, tetapi karena mereka tak mengetahui cara menyudahi perkelahian tersebut. Terlebih yang berkelahi adalah anjing pitbull, yang terkenal garangnya. Tampak dalam video yang diduga direkam di salah satu wilayah di Thailand itu sangat memilukan, orang-orang menendang, memukul, menyeret, juga mengguyur dengan air. Semua tindakan itu tak mengakhiri perkelahian mereka.

dogfight1Capture

Siapapun bisa saja berhadapan dengan situasi seperti itu, berada di tengah perkelahian anjing. Lalu apa yang harus dilakukan? Menurut Cesar Millan, yang dikenal sebagai seorang dog whisperer, dalam menghadapi situasi tersebut yang pertama harus dilakukan adalah percaya diri. Gunakan insting dan energi, karena anjing ‘berkomunikasi’ dengan cara tersebut. Selanjutnya pastikan gerakan anjing untuk mengambil tindakan. Bila anjing tengah menggigit ‘lawan’nya, maka sentuh secara tepat daerah tulang rusuknya agar anjing kehilangan fokus dan melepaskan gigitan. Kemudian tarik anjing dari bagian pinggir atau belakang kepala, bagian bawah leher. Hindari menariknya ke arah atas atau memeganggnya tepat di belakang kepala, karena anjing akan mengasosiasikan gerakan tersebut sebagai keikutsertaan dalam perkelahiannya. Parahnya lagi, ia bisa saja malah menyerang.

Apabila dirasa perlu menggunakan alat, misalnya kayu atau apapun, gunakan untuk melindungi diri. Bukan untuk memukul anjing. Tak perlu juga berteriak-teriak untuk membuat anjing mendengar perintah suara, karena dalam tensi yang tinggi anjing tidak akan memedulikan suara. Pun ketika mereka telah terpisah dari pertarungan, tak perlu memberi hukuman berupa pukulan atau bentakan yang hanya membuat anjing bingung serta tak menurunkan agresinya. Cukup berdiri tegap dan tenang dalam jarak tertentu, lalu menyuruhnya pergi. Jika dianggap anjing membahayakan, hubungi penampungan atau kelompok penyelamat anjing agar anjing dapat tertolong.