Dikenal memiliki 9 nyawa, tapi kenyataannya kucing hanya punya 1 nyawa. Maka pemilik sebaiknya menjaga mereka mungkin dengan menjauhkan kucing dari hal-hal yang membahayakan, salah satunya tempat tinggi seperti balkon.

Kucing tak pernah takut dengan ketinggian, juga memiliki keseimbangan luar biasa untuk menjaga tubuhnya, namun Karen Edwards dari Hamilton Animal Services Ontario, Canada, mengingatkan bahwa kasus kucing jatuh dari ketinggian sangatlah banyak. Mereka bisa mengalami patah tulang, bahkan tewas. Apalagi dari segi medis menyatakan beberapa kucing mengidap sindrom ketinggian yang menyebabkan mereka tak mampu mengantisipasi situasi.

Banyak kucing ‘nongkrong’ di tempat tinggi karena tertarik untuk menangkap kupu-kupu, burung atau hal lain yang mungkin saja lewat atau terjadi di atas sana dan tak dapat selalu diprediksi. Maka bila memiliki balkon dan memperbolehkan kucing bermain di area tersebut, kini para pemilik akan melengkapi kucing dengan rompi pengaman yang dilengkapi tali yang diikatkan agar mampu mengantisipasi apabila tiba-tiba kucing melompat atau tergelincir.

Sonja Olson, seorang dokter hewan senior dari BluePearl Veterinary, juga mengingatkan bahwa tempat-tempat yang tinggi memang sangat menarik bagi kucing. Tetapi suhu udara juga sangat memengaruhi, panas dan dingin akan lebih terasa apabila berada di ketinggian. Maka pemilik tak dapat meremehkan area mereka bermain. Lebih baik mencegah, daripada harus menyesali sesuatu yang tak diinginkan terjadi.