Masih ingat film kartun buatan Pixar Animation Studios berjudul “UP”? Tokoh anjing penjahat bernama Alpha di film tersebut diperankan oleh anjing jenis Doberman. Kenapa harus Doberman? Ternyata di tahun 70an anjing-anjing Doberman memang sengaja dilatih untuk melakukan tindakan kriminal, salah satunya merampok bank seperti ditunjukan dalam film The Doberman Gang produksi tahun 1972. Mereka cerdas, kuat, lincah, garang dan ditakuti.

Namun tidak ada anjing yang terlahir jahat, melainkan diajari oleh pemilknya. Berikut fakta-fakta lain seputar anjing Doberman.

dobermansAnjing Doberman merupakan generasi baru dari peranakan pinscher yang muncul tahun 1880 di Jerman. Mereka adalah campuran beberapa ras anjing, yakni Rottweiler, pointer shorthaired Jerman, Weimaraner, Machester terrier, Beauceron, Great Dane, dan Greyhound.

dobermans

Herr Karl Louis Dobermann adalah orang pertama yang membesarkan serta melatih Doberman sebagai anjing penjaga dan pelindung. Herr adalah seorang pemungut cukai dan secara teratur bepergian dengan membawa uang dalam jumlah besar, dimana ia merasa lebih aman setelah ditemani seekor Doberman di sisinya.

dobermans

Doberman lahir memiliki ekor dan telinga jatuh, namun mereka dibuat menjadi tanpa ekor serta telinga menjulang ke atas untuk mengurangi risiko cedera dalam perkelahian, serta berpenampilan garang.

dobermans

Meski sering diidentikan sebagai anjing kriminal, galak dan jahat, Doberman pernah tercatat sebagai pahlawan dalam Perang Dunia II di pertempuran Guam

dobermans

Kecerdasan dan sifat penyayang anjing Doberman kini lebih banyak digunakan untuk menolong manusia sebagai anjing terapi, serta membantu tugas kepolisian.

dobermans