Hampir semua kucing yang dipelihara di dalam rumah gemar sekali berada di jendela dan memandang keluar sembari duduk. Terkesan melamun, tapi sebenarnya tidak lho. 
1. Pengamat yang baik
Kucing senang mengamati sesuatu, bahkan sampai tak berkedip. Dan di luar jendela banyak hal yang dapat mereka lihat untuk diamati, karena berbeda dengan benda dalam rumah, kadang daun tertiup angin saja merupakan hal yang mengasyikan bagi mereka untuk diamati.
2. Menyukai proses kondensasi (penguapan)
Dari seluruh bagian rumah, jendela adalah satu-satunya yang memungkinkan terjadinya kondensasi karena cuaca luar berbeda dengan suhu ruang. Tak jarang kucing menjilati kaca jendela sebagai bagian dari antusiasme
3. Berinteraksi dengan dunia luar rumah
Tanpa terlihat angin menyelinap masuk ke dalam sela-sela jendela dan mengirim aroma luar rumah pada kucing, sehingga kadang mereka mengendus-endus jedela atau bersikap tak mau diganggu karena sedang menikmatinya.
4. Game raksasa
Ya, kucing suka akan permainan dan jendela kaca merupakan tantangan bagi mereka untuk menantikan mangsa seperti lalat untuk mendekat lalu mereka tangkap, bahkan air hujan pun ingin ditangkap (haduh!). Bila berhasil mereka akan merasa memiliki skor yang tinggi, padahal gak mungkin juga kan menangkap lalat di luar rumah melalui kaca? Ah tapi sudahlah, meski muskil mereka senang kok.
5. Menjaga rumah
Bukan hanya anjing yang bisa menjaga rumah, kucingpun bisa tapi dengan cara berbeda, yaitu duduk di jendela untuk waspada dan bersiaga bila tiba-tiba ada pihak dari luar menyerang rumah. Duh, dramatis sekali ya? Tapi memang begitulah, salah satunya mereka menjaga rumah dari intimidasi anjing yang kebetulan lewat.
6. Mendapatkan hiburan
Banyak orang menyatakan bahwa jendela adalah televisi bagi kucing, karena memang mereka mendapatkan hiburan dari hal-hal yang mereka lihat di luar. Maka kadang pemilik kucing menyengaja keluar rumah untuk sekedar mengobrol dengan seseorang atau melakukan aktivitas, agar si kucing mendapat ‘tontonan’ baru.
 
7. Melihat burung! (birdwatch)
Suara dan gerakan burung sering kali menggoda kucing sehingga mereka sangat penasaran dengan burung, kadang saking gemas mereka bisa sampai bersuara atau menggerakkan ekor secara emosional. Kucing mampu bertahan berjam-jam untuk memuaskan pandangannya terhadap kegiatan burung dan alam, dan mereka tak pernah bosan untuk melakukannya lagi esok hari.
8. Iseng
Dari seluruh hal yang mungkin menjadi alasan kegiatan kucing menatap keluar lewat jendela, kemungkinan lainnya adalah mereka hanya sekedar iseng. Merelasasi diri, kadang sambil mandi-mandi, bahkan ketiduran, dll. Mereka tahu, bahwa lingkungan luar yang berbahaya tak akan mampu membahayakan mereka karena merasa aman dengan pembatas kaca.