Bagi pemilik kucing sudah pasti akan merindukan si kucing saat meninggalkan rumah. Tapi apa si kucing merasakan hal yang sama? Pengennya sih begituuu.. hehe

Penelitian yang dilakukan pakar perilaku hewan, Dr. Elizabeth Stelow dari University of California, Davis, cukup melegakan para pemilik kucing. Karena ternyata kucing pun merasakan rasa rindu pada sang pemilik. Tapi cara kucing mengekpresikan perasaannya sangatlah berbeda bila disbanding manusia, atau anjing sekalipun.

Karakter kucing sangat kompleks. Tidak seperti anjing yang tanpa ragu menyambut kedatangan pemiliknya, atau manusia yang akan menghambur untuk memeluk. Sementara kucing mungkin hanya akan diam saja. Hal itu membuat sang pemilik merasa tidak dirindukan, padahal justru tidak demikian.

Hasil gambar untuk cats reject to hug
iizcat.com

Stelow menyatakan beberapa kucing yang berkarakter hangat dan memiliki kedekatan dengan sang pemilik akan menunjukan sikap mutual saat melepas kerinduan. Sementara kucing pada umumnya malah terkesan tidak peduli. Mereka terlihat antusias bila sang pemilik membawa makanan, seolah yang mereka tunggu adalah makanan. Padahal banyak kucing mengalami separation anxiety atau kegelisahan ketika sang pemilik tak ada di rumah.

Sikap tersebut bisa ditandai dengan kenakalan yang tidak umum. Misalnya pipis sembarangan, merusak barang, bersitegang dengan sesama kucing dan lainnya. Atau justru mereka berperilaku “sangat baik”, seperti tidur seharian dan tidak bermain. Perilaku yang tidak biasa dilakukan kucing sehari-hari merupakan bentuk kegelisahan kucing atas ketidakberadaan sang pemilik.

Perilaku yang tidak biasa tersebut bisa juga terjadi saat sang pemilik pulang, namun bukan lagi sebagai ungkapan kegelisahan, melainkan sikap ingin diperhatikan setelah sekian lama memendam kerinduan. Kucing bukanlah makhluk yang pandai mengungkapkan perasaan dalam interaksinya dengan manusia. Berbeda dengan anjing yang mau “mengalah” saat beradaptasi di kehidupan manusia, kucing tidak terlahir seperti itu.

Hasil gambar untuk cats reject to hug
youtube.com

Kucing cenderung membangun hubungan saling pengertian dalam hubungannya dengan manusia. Meski terkesan kucing yang selalu ingin dimengerti, namun sebenarnya kucing juga sudah melakukan upaya bertoleransi. Salah satunya, dan yang paling mendasar, adalah kucing mau tinggal di dalam rumah. Secara naluri, kucing bukanlah hewan “penjaga” rumah. Ketika kucing membiarkan manusia membelainya pun merupakan bentuk dari toleransi, karena kucing sebenarnya tidak ingin disentuh jika bukan dari keinginannya sendiri.

Jadi apabila mendapati kucing melakukan sesuatu di luar kebiasaan sehari-hari, bisa disinyalir kucing sedang menyatakan kerinduannya. Bahkan dibalik diamnya kucing, mungkin saja mereka menyimpan kerinduan yang melimpah, yang hanya bisa dipahami dan dirasakan.

Hasil gambar untuk cats and owners
quora.com