Bagi pemilik kucing pastinya sudah mengetahui kelakuan si pus bila tiba-tiba menaruh seekor tikus mati di depan rumah, atau bahkan di hadapan pemiliknya. Mereka baru saja memberi hadiah, karena mereka ingin mengungkapkan rasa sayangnya. Sama seperti manusia, jika sayang pasti inginnya memberi kan? Begitu pula kucing. Tetapi di samping soal rasa sayang, ada hal lain juga dibalik hadiah yang mereka berikan.
Ingin dipuji
Ya, mereka adalah pemburu. Maka saat mereka berhasil memperoleh buruan akan dibawa pada seseorang tersayang sebagai bukti bahwa mereka adalah pemburu handal. Dan satu lagi, mereka ingin diakui dan dipuji atas prestasinya tersebut. Berburu bukan suatu hal yang mudah lho, maka perlu diapresiasi keberhasilannya 😀
cats bring their humans unusual gifts
Tak selalu tikus
Tikus memang tokoh antagonis bagi kucing, namun tidak semua kucing menganggapnya seperti itu. Terlebih kucing yang hidup dalam rumah, dan tak ada tikus di rumah. Sehingga ia tak menganggap tikus sebagai sasaran atau mangsa, sebagai gantinya mereka akan membawa sesuatu lainnya. Bisa jadi kertas, plastik, mainan, atau apa saja yang diletakan di wilayah pemiliknya, seperti kasur, depan pintu atau tempat lain. Mungkin kecoa sekalipun bisa menjadi ‘hadiah’ yang mereka bawakan 😉 
cats bring their humans unusual gifts
Bermurah hati
Meski menaruh beberapa benda di wilayah pemiliknya, tak urung mereka kadang mengambilnya kembali. Biasanya mainan. Karena sebenarnya mereka bukanlah memberi pada sang pemilik, melainkan berbagi atau meminjamkan. Padahal tak mungkin juga kan pemiliknya main mainan kucing? Tapi mereka punya pemikiran yang berbeda, yaitu jika mereka menyukai sesuatu maka pemiliknya pun mungkin menyukai maka mereka tak keberatan untuk berbagi sebagai tanda sayang.
cats bring their humans unusual gifts
Meniru induknya
Sejak kecil mereka melihat sang induk sering menggondol makanan untuk diberikan pada mereka, kadang sang induk pun membawakan mainan. Maka mereka melakukan hal yang sama namun ditujukan pada pemiliknya, sebagai ungkapan kasih sayang sebuah keluarga.
cats bring their humans unusual gifts