Coba deh perhatikan kebiasaan kucing. Mereka tiduran di bawah cahaya matahari, atau melompat ke pangkuan lalu meringkuk dan terlelap. Kadang juga masuk ke dalam lemari lalu menyusup di antara pakaian, belum lagi mereka tiduran di atas laptop, dan lain sebagainya. Intinya, kucing selalu mencari tempat yang mampu memberi mereka hangat. Bahkan tak jarang membahayakan diri sendiri ke tempat yang terlalu panas.

Hasil gambar untuk cat laptop

Bulu kucing memiliki keistimewaan mengisolasi panas, karena kucing selalu berusaha menjaga temperatur suhu tubuh mereka agar tetap stabil dan hangat. Kucing umumnya jarang ada yang sanggup tinggal di daerah sangat dingin sejak jaman nenek moyang mereka jaman dahulu yang hidup di iklim gurun.

Baca juga. “Hanya Kesha yang hidup di suatu wilayah dimana kucing dilarang”

 

Hasil gambar untuk cat under the sun
Experiencify

Seorang ahli kucing, Pamela Merrit, menyatakan suhu tubuh kucing rata-rata adalah 38 derajat celcius dan kucing akan melakukan “segala” cara untuk tetap di suhu tersebut. Bulu mereka kadang berjasa melindungi di suhu udara rendah, namun terkadang juga membuat kucing “gagal” mengidentifikasi suhu tinggi yang membahayakan. Salah satunya, banyak kucing bersembunyi di dekat radiator mobil karena panas.

Bukanlah hal aneh bila sesama kucing tidur bertumpuk, karena mereka saling “membagi” panas tubuh. Demikian pula ketika kucing “menempel” pada pemiliknya, di pangkuan atau nyaman dalam dekapan, karena manusia memiliki panas tubuh yang bisa mereka manfaatkan. Jadi bagi pemilik kucing, pastikan kucing peliharaan mudah mendapatkan “sumber” kehangatan agar kucing tak mencari kehangatan sendiri hingga membahayakan.

Hasil gambar untuk cat likes warm
Getty / Lewis Mulatero