Saat induk kucing melahirkan anak-anaknya, mereka tampak seperti keluarga. Bahkan bila mereka semua dipelihara, sang induk kucing akan menjadi nenek kucing dan hidup bersama anak-cucunya dalam keluarga besar. Tapi hal itu jarang sekali terjadi, biasanya anak-anak kucing diadopsi oleh keluarga berbeda dan tak saling bertemu lagi dengan sanak saudaranya. Apalagi para kucing yang hidup liar di jalanan, mereka menjalani hidup sendiri dan sepertinya sih mereka baik-baik saja. Mungkinkah kucing merindukan kerabat mereka? Atau saling mengenali bila suatu hari bertemu lagi?

Hasil gambar untuk cat family

Pertanyaan tersebut menggelitik banyak orang, terutama pencinta kucing, termasuk John Bradshaw, seorang ahli kucing dari University of Bristol, Inggris. Ia pun menyatakan bahwa kucing domestik yang hidup liar sudah dapat dipastikan tidak akan pernah bertemu dengan kakek nenek mereka. Terlebih kakek, ‘ayah’ mereka pun jarang dikenal oleh anak-anak kucing karena kucing jantan memang tidak terlibat dalam membesarkan anak-anak. Koloni kucing dipimpin oleh kucing betina yang bekerja sama dengan kucing lain, atau keturunan yang sama-sama betina. Sementara kucing jantan akan melakukan peran mereka sebagai ‘pengembara’ dan meneruskan kelangsungan generasi kucing di muka bumi.

Hasil gambar untuk cats family
skyhdwallpaper.com

Kucing dapat mengenali induk dan saudara-saudara mereka sejak lahir melalui indera penciuman yang luar biasa, bukan dari penampilan. Namun kucing tak memiliki memori yang kuat untuk mengingat, sehingga secara umum meski anak kucing dipisahkan dari sang induk bukanlah masalah besar bagi kucing karena mereka tak menyimpan memori kekerabatan. Kucing tak memiliki sisi emosional dan sensitifitas seperti manusia, berpisah hanya memberi mereka kehilangan sesaat, selanjutnya kucing akan meneruskan hidup dengan perjuangannya sendiri.

Hasil gambar untuk kittens play
youtube.com

Namun kucing tetap dapat mengenali kerabatnya bila suatu saat bertemu lagi melalui penciuman, dimana mereka bisa mengidentifikasi gen kucing untuk mengetahui keturunan. Seperti diketahui banyak kucing terlihat sama, tapi kucing mampu membedakan saudara seketurunan dari bau. Mereka tahu saudara seayah, seibu, hingga keturunan dari saudara walaupun mereka belum pernah bertemu. Jill Mateo, peneliti dari University of Chicago, menegaskan hal tersebut sekaligus menjawab kepenasaran para pemilik kucing bahwa peliharaan mereka memang bisa mengenali sang pemilik meski lama tak bertemu. Maka meski jarang terjadi, namun bukanlah hal aneh bila didapati kucing yang mampu merindukan pemiliknya, atau sahabat mereka.

Hasil gambar untuk cat kiss owner
catster.com