Kucing dikenal dengan perilaku yang tidak menentu. Seperti kebanyakan manusia, kucing pun bisa berubah suasana hati. Namun yang sedikit membedakan, kucing sebenarnya tidak tiba-tiba mengubah perilaku mereka tanpa peringatan tapi pemilik kucing sering tak mengenali bahasa tubuh mereka sehingga bertanya-tanya mengapa kucing yang awalnya tampak riang bermain lalu menjadi murung.

20562745499_67ec325b24_z

Selain bahasa tubuh, kucing juga biasa mengeong untuk memberitahukan ada sesuatu yang mengganggu suasana hati mereka. Kucing dikenal sebagai hewan yang sensitif terhadap lingkungan, juga rutinitas. Perubahan rutinitas tanpa disadari dapat menyebabkan stres yang tidak semestinya pada kucing. Apa yang mungkin tampak sederhana bagi pemilik, seperti memindahkan kotak sampah ke ruangan lain, benar-benar bisa mengganggu emosi kucing. Apalagi perubahan besar seperti teman sekamar baru, pindah ke rumah baru, atau hewan peliharaan baru dapat menyebabkan beberapa stres dalam hidup kucing yang memengaruhi kepribadian mereka.

Hasil gambar untuk moody cat

Selain lingkungan, kondisi kesehatan bisa menjadi penyebab mood kucing berubah. Kucing yang sakit atau nyeri cenderung lebih murung dari biasanya. Kadang juga membuat kucing temperamental, bila mereka mengalami sakit ringan. Seperti orang sakit gigi yang mudah marah akibat hal sepele.

Sensivitas kucing juga berlaku pada tubuh mereka. Bila mengelus tidak pada waktunya, kucing bisa langsung mendesis. Bahkan mencakar bila memaksa untuk tetap memegangnya. Meski awalnya tampak menikmati dielus, kucing bisa mendadak marah, padahal mereka cuma ingin menggaruk telinga maka meminta untuk berhenti dielus. (baca juga. “Saat dibelai, awalnya kucing tampak senang tapi kok mendadak dia menggigit?”)

2778245796_c3eb6edea3_z

Intinya, para pemilik semestinya memberi pengertian lebih pada kucing mereka yang memiliki sensitivitas tinggi dan hidup di “dunia” manusia. Sikap kucing memang sering membingungkan dan berubah dalam waktu tak menentu. Namun kedekatan pemilik serta wawasan yang cukup untuk mengenal kepribadian kucing akan membuat kucing lebih mampu meminimalisir perubahan dirinya, dan hidup bahagia disamping pemiliknya.

Hasil gambar untuk happy cat pleased